Model Literasi Informasi pada Matakuliah Bahasa Indonesia: Jalan Menumbuhkan Sikap Bahasa Positif

  • I Putu Mas Dewantara Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Undiksha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancangan model literasi informasi pada matakuliah bahasa Indonesia; (2) mendeskripsikan tingkat validitas model literasi informasi pada matakuliah bahasa Indonesia; dan (3) mendeskripsikap keefektifan model literasi informasi pada matakuliah bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Tiga tahap pengembangan yang dilakukan adalah studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian yang bertumpu pada model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 7 dosen dan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Pengumpulan data dilakukan dengan dua jenis instrumen, yaitu instrumen untuk data kualitatif yang dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi serta instrumen untuk data kuantitatif yang dikumpulkan dengan angket dan tes unjuk kerja. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model yang disusun memuat sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, serta dampak instruksional dan dampak pengiring, (2) model pembelajaran dinyatakan valid dan dikategorikan sangat baik pada uji perorangan, dan (3) model pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar dan sikap bahasa positif terhadap bahasa Indonesia.

Published
2018-11-15
How to Cite
MAS DEWANTARA, I Putu. Model Literasi Informasi pada Matakuliah Bahasa Indonesia: Jalan Menumbuhkan Sikap Bahasa Positif. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 297-306, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1579>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles