Pentingnya Buklet Kesehatan Remaja Berbasis Masalah untuk Pendidikan Penguatan KarakterPerilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SMP

  • Desak Made Citrawathi Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pengembangan Buklet Kesehatan Remaja Berbasis Masalah untuk memberikan pendidikan penguatan karakter perilaku hidup bersih dan sehat siswa SMP. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg & Gall dan Sugiyono. Penelitian ini dilakukan di SMP se kecamatan Buleleng. Sekolah yang dilibatkan sebagai sampel ditentukan dengan tehnik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner dengan melibatkan guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siswa perlu diberikan pendidikan kesehatan remaja untuk penguatan karakter perilaku hidup bersih dan sehat. Materi kesehatan remaja terdapat pada materi IPA, tapi pembelajarannya belum menekankan pada penguatan karakter perilaku hidup bersih dan sehat. Untuk pendidikan penguatan karakter perilaku hidup bersih dan sehat diperlukan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan buklet kesehatan remaja.

Published
2018-11-15
How to Cite
CITRAWATHI, Desak Made. Pentingnya Buklet Kesehatan Remaja Berbasis Masalah untuk Pendidikan Penguatan KarakterPerilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 312-317, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1581>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles