Pengembangan Konten E-learning Mata Kuliah Complex English Grammar Berdasarkan Teori CoI Garrison

  • Nyoman Karina Wedhanti Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Undiksha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten e-learning mata kuliah Complex English Grammar untuk mendukung penerapan flipped learning pada mata kuliah tersebut dan mendeskripsikan spesifikasi dan kualifikasi draf produk yang dikembangkan ini. Penelitian yang dilaporkan ini menggunakan desain penelitian pengembangan model Dick dan Carey. Instrumen penelitian meliputi angket analisis kebutuhan mahasiswa, pedoman wawancara analisis kebutuhan dosen, angket validasi ahli konten, angket validasi  ahli e-learning, dan angket ujicoba terbatas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) draf konten e-learning yang dikembangkan berdasarkan teori CoI Garrison disusun secara topikal, yang terdiri dari 1 topik mengenai RPS dan 9 topik mengenai compound, complex, dan compound-complex sentences; organisasi tiap topik terdiri atas sajian konten (tekstual atau audiovisual), latihan, penugasan, dan forum diskusi; dan (2)berdasarkan validasi ahli, draf konten e-learning yang dikembangkan terkategori baik dari segi konten dan sangat baik dari segi e-learning, dan berdasarkan ujicoba terbatas kepada mahasiswa, terkategori sangat baik.

Published
2018-11-15
How to Cite
KARINA WEDHANTI, Nyoman. Pengembangan Konten E-learning Mata Kuliah Complex English Grammar Berdasarkan Teori CoI Garrison. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 318-326, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1582>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles