Model-Model Student Centered Learning Dalam Pencapaian Penalaran Dan Karakter Siswa SMA

  • I Wayan Santyasa Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sukra Warphala Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I MadeTegeh Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keunggulan model-model student centered learning (SCL) dibandingkan dengan model direct instruction (DI) dalam mencapai penalaran dan karakter siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Model-model SCL terdiri dari (1) project-based learning (PjBL), (2) self-regulated learning (SRL), (3) conceptual change model (CCM), (4) nature of science (NOS), (5) problem-based learning (PBL), dan (6) group investigation (GI). Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan menggunakan rancangannonequivalence pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 1228 siswa SMA kelas X di 5 (lima) kabupaten di Bali. Untuk mengumpulkan data penalaran siswa, digunakan tes, dan untuk mengumpulkan karakter siswa, digunakan kuesioner. Untuk menganalisis data, digunakan statistik MANCOVA. Untuk menganalisis hipotesis, digunakan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penalaran dan karakter siswa antara yang belajar dengan model SCL dan DI. Penalaran dan karakter siswa dalam kelompok SCL lebih tinggi dari kelompok DI. Jadi, model SCL lebih unggul daripada model DI dalam mencapai penalaran siswa dan juga karakter mereka dalam belajar fisika di SMA untuk subjek materi gerak dan gaya.


 

Published
2018-11-15
How to Cite
SANTYASA, I Wayan; SUKRA WARPHALA, I Wayan; MADETEGEH, I. Model-Model Student Centered Learning Dalam Pencapaian Penalaran Dan Karakter Siswa SMA. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 327-336, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1583>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles