Pengembangan Modul Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Menunjang Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Unmas Denpasar

  • Ida Bagus Ari Arjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Pengembangan modul media pembelajaran berbasis e-learning yang dimaksud dalam penelitian ini menggunakan Model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Penelitian ini akan dilaksanakan di Universitas Mahasaraswati Denpasar pada tahun Akademik 2017/2018. Jenis instrument yang digunakan untuk pengumpulan data selama penelitian ini yaitu angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket untuk mahasiswa. Sedangkan cakupan aspek penilaiannya dapat diuraikan sebagai berikut: (a) aspek yang dinilai oleh ahli materi yaitu aspek pembelajaran dan aspek isi. (b) aspek yang dinilai oleh ahli e-learning yaitu aspek tampilan dan aspek pemograman (c) aspek yang dinilai oleh peserta didik meliputi aspek penggunaan. Data yang dikumpulkan melalui kegiatan uji coba dikategorikan menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik dan saran yang dikemukakan ahli materi, ahli Modul E-learning, dan peserta didik dikompilasi untuk merevisi produk modul. Data kuantitatif yang diperoleh dari rubrik pengukuran kreativitas mahasiswa selama diberikan Modul Media Pembelajaran Berbasis E-Learning selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik T-test dan ANAVA Satu Jalur dengan bantuan SPSS 17 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan 1)  Modul Pembelajaran Berbasis E-learning tersebut sudah sangat layak untuk diimplementasikan dalam perkuliahan, karena nilai rata-rata hasil tabulasi triangulasi data oleh Expert Judgement dan nilai rata rata mahasiswa,  berada pada kisaran nilai 3,5 ke atas. Lebih lanjut hasil diseminasi modul menunjukkan  dengan menggunakan T-Test terdapat perbedaan pemahaman antara sebelum guru-guru tersebut diberikan Modul E-learning dengan sesudahnya (p=0,033, α=0,05).  2) Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan ANAVA Satu Jalur maka dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan kreativitas antara sebelum guru-guru tersebut diberikan Modul E-learning dengan sesudahnya (p=0,006, α=0,05).

Published
2018-11-15
How to Cite
ARI ARJAYA, Ida Bagus. Pengembangan Modul Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Menunjang Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Unmas Denpasar. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 391-400, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1592>. Date accessed: 19 apr. 2019.
Section
Articles