Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar Melalui Penerapan Inovasi Bola Bersuara Bagi Tunanetra

  • Febriana Pratiwi Postgraduate School, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Amung Ma'mun Postgraduate School, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Yudy Hendrayana Postgraduate School, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran inovasi bola bersuara dalam berkontribusi terhadap waktu belajar akademik dalam pendidikan jasmani bagi siswa tunanetra. Para siswa diberikan bola dengan komponen elektronik yang telah ditanam untuk dapat melepaskan suara konstan meskipun bola bergerak atau tidak bergerak. Partisipan dari penelitian ini adalah 10 siswa buta terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi academic learning time physical education (ALT-PE) yang diadopsi dari Suherman (2009). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan inovasi bola bersuara untuk siswa tunanetra menunjukkan jumlah waktu belajar aktif sebesar 43,56%. Hasil ini menggambarkan bahwa inovasi bola bersuara memiliki kontribusi dalam meningkatkan jumlah waktu aktif belajar dalam pendidikan jasmani untuk tunanetra.

Published
2018-11-15
How to Cite
PRATIWI, Febriana; MA'MUN, Amung; HENDRAYANA, Yudy. Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar Melalui Penerapan Inovasi Bola Bersuara Bagi Tunanetra. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 420-425, nov. 2018. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1596>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles