Model Pembelajaran Financial Literacy untuk Meningkatkan Karakter Wirausaha Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan

  • Kardoyo Kardoyo Universitas Negeri Semarang, Singaraja, Indonesia
  • Widiyanto Widiyanto Universitas Negeri Semarang, Singaraja, Indonesia
  • Partono Thomas Universitas Negeri Semarang, Singaraja, Indonesia
  • Khasan Setiaji Universitas Negeri Semarang, Singaraja, Indonesia

Abstract

Membangun karakteristik wirausaha bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan suatu keharusan, karena lulusan diharapkan dapat menjadi wirusahawan yang mandiri, dimana hal ini sesuai dengan tujuan diselenggarakannya sekolah menengah kejuruan. Selama ini pembelajaran wirausaha lebih banyak diarahkan pada penumbuhan semangat dan sektor pemasaran, sedangkan sisi dalam mengelola keuangan masih belum banyak disentuh. Sehingga pengelolaan keuangan yang diperoleh masih belum mampu untuk mendukung kesuksesannya dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang pemahaman siswa dalam masalah keuangan dan sejauh mana mereka mampu mengelola keuangan, dengan target utama menyusun model pembelajaran financial literacy untuk SMK. Penelitian ini memiliki urgensi pada siswa dalam memahami keuangan sebagai darah dalam wirausaha, dan melek keuangan (financial literacy) akan memperkuat karakter seseorang dalam berwirausaha, bagi guru dan pengajar lainnya akan memberikan model dan materi dalam pembelajaran financial literacy.

Published
2017-10-11
How to Cite
KARDOYO, Kardoyo et al. Model Pembelajaran Financial Literacy untuk Meningkatkan Karakter Wirausaha Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 77-92, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/158>. Date accessed: 21 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.158.