Perspektif Auditor Mengukur Kinerja Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Pemoderasi

  • Komang Krishna Yogantara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya, Badung, Bali- Indonesia
  • Komang Fridagustina Adnantara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya, Badung, Bali- Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan, konflik peran dan kelebihan peran mempengaruhi kinerja auditor yang dimoderasi oleh kecerdasan emosional. Kemampuan seorang auditor untuk dapat mengendalikan emosi dalam dirinya adalah salah satu kunci untuk keluar dari tekanan konflik dan kelebihan peran dan menjadikan gaya kepemimpinan seseorang menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor di Kantor Akuntan Publik se-Provinsi Bali. Sampel dipilih metode purposive sampling dan hipotesis diuji dengan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan Gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja auditor. Konflik peran mempunyai pengaruh negatif terhadap kinerja auditor. Kelebihan peran mempunyai pengaruh negatif terhadap kinerja auditor. Kecerdasan emosional memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan pada kinerjaauditor. Kecerdasan emosionalmemoderasi pengaruhkonflik peran pada kinerja auditor. Kecerdasan emosional memoderasi pengaruh kelebihan peran pada kinerja auditor.

Published
2017-10-11
How to Cite
YOGANTARA, Komang Krishna; ADNANTARA, Komang Fridagustina. Perspektif Auditor Mengukur Kinerja Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Pemoderasi. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 196-207, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/171>. Date accessed: 22 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.171.