Evaluasi Sistem Administrasi Akademik di Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Undiksha

  • Ni Kadek Sinarwati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Trisna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Evaluasi sistem administrasi jurusan akuntansi program S1 merupakan langkah yang harus dilakukan mengingat selama ini penataan administrasi belum memadai yang ditandai dengan terjadinya beberapa permasalahan administrasi di jurusan.   Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi sistem administrasi jurusan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada stake holder yang diharapkan bermuara pada peningkatan nilai akreditasi jurusan. Penelitian ini merupakan penelitian penugasan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari sistem administrasi yang selama ini terlaksana di Jurusan Akuntansi Program S1. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi, yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yakni memaparkan sistem administrasi yang terlaksana selama ini di Jurusan Akuntansi Program S1,  sistem tersebut dianalisis  dan  dipakai sebagai dasar dalam melaksanakan evaluasi dan revitalisasi sistem administrasi jurusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dibidang administrasi akademik khususnya berkaitan dengan skripsi yang terjadi di Jurusan Akuntansi program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha tidak hanya di sebabkan oleh lemahnya standar operasional prosedur pengajuan proposal sampai dengan pengujian skripsi tetapi juga karena kurangnya dosen PNS.

Published
2017-10-11
How to Cite
SINARWATI, Ni Kadek; PUTRA YASA, I Nyoman; TRISNA, Nyoman. Evaluasi Sistem Administrasi Akademik di Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Undiksha. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 460-482, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/191>. Date accessed: 20 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.191.