Pengembangan SOP Kemahasiswaan Dalam Rangka Peningkatan Keaktifan Berorganisasi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Diploma III

  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Dwita Atmaja Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Mahasiswa sebagai “Agent of Change” mempunyai peran kunci dalam hal kemajuan kampus dan negara. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunjang hal tersebut adalah dengan melakukan kegiatan berorganisasi dalam kehidupan kampus. Melihat hal tersebut dipandang perlu dibuat suatu standar dalam pelaksanaan kehidupan berorganisasi mahasiswa. Dalam penelitian ini penulis berhasil mengembangkan sembilan standar yang mengatur tentang instruksi yang harus dilaksanakan oleh para anggota organisasi. Dengan adanya Standar Operating Prosedur (SOP)diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan oleh lembaga kemahasiswaan di universitas. Instruksi kerja yang terstandarisasi akan  semua kegiatan mahasiswa akan dapat dilakukan secara konsisten oleh siapapun yang sedang bertugas melakukan kegiatan tersebut.

Published
2017-10-11
How to Cite
ARIANI MAYASARI, Ni Made Dwi; DWITA ATMAJA, I Made. Pengembangan SOP Kemahasiswaan Dalam Rangka Peningkatan Keaktifan Berorganisasi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Diploma III. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 511-529, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/194>. Date accessed: 25 sep. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.194.