Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana Laboratorium Perpajakan Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Pada Jurusan Akuntansi Program S1

  • Made Arie Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Yulianita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • GA Rencana Sari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sarana dan prasarana laboratorium perpajakan yang ideal pada Jurusan Akuntansi Program S1 serta menganalisis kebutuhan sebagai dasar perencanaan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium perpajakan pada Jurusan Akuntansi Program S1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk pengambilan sampel, peneliti menggunakan rumus slovin dari 683 populasi diperoleh 252 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan sarana dan prasarana laboratorium perpajakan sebagai penunjang proses pembelajaran sangatlah penting dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang perpajakan. Laboratorium perpajakan memerlukan sebuah perencanaan yang baik sehingga dapat menciptakan sebuah laboratorium yang ideal guna memenuhi kebutuhan mahasiswa saat ini. Selain itu, dengan adanya laboratorium perpajakan dapat memberikan manfaat bagi civitas lembaga dan juga edukasi kepada masyarakat mengenai peranan pajak. Perencanaan laboratorium perpajakan memerlukanĀ  koordinasi dari berbagai unit dan program studi di Fakultas Ekonomi, sehingga kendala-kendala yang terjadi dapat segera diatasi.

Published
2017-10-11
How to Cite
ARIE WAHYUNI, Made; YULIANITA DEWI, Ni Wayan; RENCANA SARI DEWI, GA. Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana Laboratorium Perpajakan Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Pada Jurusan Akuntansi Program S1. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 530-540, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/195>. Date accessed: 22 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.195.