Analisis Efisiensi Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang Nusa Tenggara Timur

  • Maria B. Ringa Politeknik Negeri Kupang, Kupang, Indonesia

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang yang diukur dengan rasio keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif karena penelitian ini bersifat membandingkan. Jenis dan Sumber Data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Ruang Lingkup Penelitian yaitu Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, studi dokumentasi dan studi perpustakaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif  kuantitatif. Hasil analisis rasio yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan koperasi adalah analisis rasio likuiditas, analisis rasio solvabilitas dan analisis rasio profitabilitas. Keseluruhan analisis rasio yang memperoleh hasil dibawah standar yang telah ditetapkan karena ekuitas Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang pada tahun 2009-2013 mengalami penurunan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil dan pembahasan adalah keseluruhan analisis rasio yang memperoleh hasil dibawah standar yang telah ditetapkan karena ekuitas koperasi pada tahun 2009-2013 mengalami penurunan sehingga Koperasi Kredit Swasti Sari  Kupang perlu meningkatkan semangat calon anggota dan anggota untuk meningkatkan simpanan pokok dan simpanan wajib agar ekuitas koperasi terus meningkat dari tahun ke tahun.

Published
2017-10-11
How to Cite
RINGA, Maria B.. Analisis Efisiensi Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang Nusa Tenggara Timur. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 574-591, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/198>. Date accessed: 23 july 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.198.