Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Serta Laporan Keuangan Desa Untuk Pertanggungjawaban Dan Pelaporan Perangkat Desa Pada Desa Di Kecamatan Busungbiu

  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Agus Pertama Yudantara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Purnamawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi ditemukannya permasalahan Desa  di  Kecamatan Busungbiu, dimana permasalahan mereka antara lain  (1) belum  mampu menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa; (2) belum mampu menyusun laporan  keuangan  desa  untuk pertanggungjawaban dan pelaporan perangkat desa. Berdasarkan permasalahan  tersebut metode kegiatan P2M ini dalam bentuk pelatihan  dan pendampingan pelaksanaan penyusunan anggaran penerimaan dan belanja desa serta penyusunan laporan  keuangan desa untuk pertanggungjawaban dan pelaporan perangkat desa di   Kecamatan  Busungbiu. Untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan terarah maka metode kegiatan yang dilakukan adalah dirancang dengan sistematis dalam beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, tahap implementasi dan tahap monitoirng dan tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui kebermanfaatan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan. Dari evaluasi yang dilakukan diperoleh skor  sebesar 85.40% yang dapat diartikan bahwa  peserta  mengikuti pelatihan dan pendampingan   pelaksanaan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa serta penyusunan laporan keuangan  desa dengan  kreteria baik

Published
2017-10-11
How to Cite
ERNI SULINDAWATI, Ni Luh Gede; PERTAMA YUDANTARA, I Gede Agus; PURNAMAWATI, I Gusti Ayu. Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Serta Laporan Keuangan Desa Untuk Pertanggungjawaban Dan Pelaporan Perangkat Desa Pada Desa Di Kecamatan Busungbiu. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 608-615, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/200>. Date accessed: 21 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.200.