Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Bongkar Muat Petikemas Pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Merauke

  • Tarsisius Kana Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengguna jasa. Lokasi memiliki indikator : akses, visibilitas, lalulintas dan fasilitas memiliki indikator : sifat dan tujuan organisasi, ketersediaan tanah dan kebutuhan ruang dan tempat, fleksibilitas, faktor estetis, masyarakat dan lingkungan sekitar, biaya konstruksi dan operasi sedangkan kepuasan pengguna jasa memiliki indikator : kepuasan pelanggan, dimensi kepuasan pelanggan, konfirmasi harapan, minat pembelian ulang, kesediaan untuk merekomendasikan, ketidakpuasan pelanggan. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan dengan menggunakan teknik pengolahan datan deskritif, teknik pengumpuluan data dengan wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling incidental. Pengukuran menggunakan Skala Likert dan diolah menggunakan program hitung SPSS versi 23 untuk menghitung uji validitas dan uji releabilitas, menghitung uji hipotesis yaitu uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan variabel lokasi dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna jasa pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Merauke. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil F hitung 39.984 > 3.11 dengan tingkat signifikasi 0.000 ≤ 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengguna jasa bongkar muat petikemas pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Merauke.

Published
2017-10-11
How to Cite
KANA, Tarsisius. Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Bongkar Muat Petikemas Pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Merauke. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 672-686, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/207>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.207.