Model Tata Kelola Jurusan/PS Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Made Suci Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan model tata kelola jurusan/PSberbasis KKNI. Penelitian dilakukan pada jurusan/PS manajemen, fakultas ekonomi Undiksha. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, kuesioner dan diskusi kelompok fokus terhadap pengelola jurusan/PS, pimpinan sdekanat, mahasiswa manajemen dan stake holders yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Jurusan/PS manajemen memilik kekuatan pada keilmuan manajemen SDM, keuangan dan pemasaran, softskill mahasiswa bidang akademis dan non akademis, pengelolaan dan dukungan keuangan serta kerjasama dengan asosiasi, instansi dan industri sedangkan kelemahannya nilai akreditasi jurusan/PSan B, kurangnya kerjasama baik nasional maupun internasional, porsi sumber  pendanan dari mahasiswa, dan karya dosen masih. Aspek peluangprogram studi dengan semakin bertumbuhan industri dan perbankan,  ketersediaan dana hibah penelitian, pengabdian, publikasi ilmiah, UU guru dan dosen, UU pendidikan Nasional, KKNI, Standar Nasional Pendidikan, dan kebijakan masyarakat ekonomi ASEAN sedangkan aspek ancaman: persaingan antar program studi manajemen, kualsifikasi dosen dan tuntutan pengguna lulusan.2)Pengembangan kurikulum jurusan/PSberbasis KKNI mensyaratkan: penyusunan deskripsi capaian pembelajarannya, kurikulum, pelaksanaan, dan pengevaluasian pelaksanaannya serta sistem penjaminan mutu internal 3)Tata kelola jurusan/PSberbasis KKNI menyangkut: organisasi, kepemimpinan, dan pengelolaan SDM, keuangan, sarana dan prasarana,kerjasama dan keberlanjutan program kegiatan dan jurusan/PS manajemen

Published
2017-10-11
How to Cite
YULIANTHINI, Ni Nyoman; SUCI, Ni Made. Model Tata Kelola Jurusan/PS Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 779-789, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/215>. Date accessed: 19 july 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.215.