Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Balawista Buleleng Sebagai Penunjang Wisata Pantai di Desa Sangsit

  • Nana Trianasari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Henny Andayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Putra Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Makalah ini menyajikan hasil kegiatan pelatihan dan peningkatan tim Balawista Buleleng yang diselenggarakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Perhotelan Diploma 3, Fakultas Ekonomi, Undiksha. Kegiatan didahului dengan analis situasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Sangsit dipilih sebagai lokasi pengabdian dikarenakan 1) kegiatan wisata pantai yang digemari masyarakat sekitar, dan 2)adanya gejala sosial di mana masyarakat khususnya remaja rentan terhadap pengaruh perilaku-perilaku berkaitan dengan obat terlarang dan kehidupan seks bebas. Balawista merupakan unit penyelamat pantai yang berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung pantai. Selain itu, unit ini membantu memberikan inspirasi bagi masyarakat dan mengalihkan fenomena sosial terkait perilaku buruk dengan kegiatan penyelamatan yang positif. Kegiatan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan tim balawista dalam melaksanakan tugasnya. Metode kegiatan meliputi pelatihan fisik, pendampingan tata kelola kantor, dan pelatihan Bahasa Inggris. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kompetensi tim di ketiga bidang tersebut. Hal menarik dan sesuai dengan yang diharapkan, terdapar sejumlah pemuda-pemudi local yang ingin bergabung ke dalam tim Balawista dan yang ingin ikut berpartisipasi dalam kelas Bahasa Inggris.

Published
2017-10-11
How to Cite
TRIANASARI, Nana; HENNY ANDAYANI, Ni Luh; PUTRA NUGRAHA, I Gede. Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Balawista Buleleng Sebagai Penunjang Wisata Pantai di Desa Sangsit. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 805-817, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/217>. Date accessed: 20 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.217.