Kajian Hukum Lingkungan Dalam Pengelolaan Pondok Wisata Pada Kawasan Sempadan Pantai Di Desa Dencarik Dalam Perspektif Hubungan Mutual Antara Stakeholders

  • Ni Ketut Sari Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan bahan penelitian yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh melalui proses observasi dan wawancara langsung dengan responden dan narasumber berdasarkan pedoman wawancara yang telah disiapkan peneliti sebelum penelitian dilaksanakan. Data sekunder diperoleh melalui hasil studi kepustakaan/studi dokumen pada beberapa literatur yang relevan dengan topik penelitian. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi, (2) metode wawancara, (3) metode pencatatan dokumen dan (4) metode kepustakaan.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Pembangunan pondok wisata di Desa Dencarik disebabkan karena perkembangan kegiatan pariwisata di Kabupaten Buleleng yang meningkat mengakibatkan harus tersedianya akomodasi pariwisata yang memadai di Kabupaten Buleleng. (2) Tatalaksana penetapan izin pembangunan pondok wisata di Desa Dencarik yang lebih mengutamakan faktor kemanfaatan ekonomi daripada faktor kepastian hukum, telah menimbulkan terjadinya 2 (dua) bentuk pelanggaran.

Published
2017-10-11
How to Cite
SARI ADNYANI, Ni Ketut. Kajian Hukum Lingkungan Dalam Pengelolaan Pondok Wisata Pada Kawasan Sempadan Pantai Di Desa Dencarik Dalam Perspektif Hubungan Mutual Antara Stakeholders. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 825-845, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/219>. Date accessed: 25 apr. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.219.