Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Undiksha Singaraja

  • I Wayan Bagia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif tentang Model  Manajemen Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Pendidikan Ganesaha (Undiksha) yang ada sekarang dan yang terpadu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan populasinya adalah dosen, pimpinan jurusan dan fakultas, mahasiswa FE Undiksha, dan stakeholder. Dalam menentukan jumlah responden sebagai sumber data maka pengembilan responden secara: populasi dilakukan pada dosen, pimpinan jurusan dan  fakultas;  mahasiswa jurusan menggunakan sampel dengan teknik stratified random random sampling yang alokasinya proporsional; serta pada stakeholder dengan menggunakan teknik propursive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara terstruktur, pencatatan dokumen, dan diskusi kelompok fokus. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan FE Undiksha yang ada sekarang ini belum perpadu karena laboratoriun kewirausahaan masih menjadi milik prodi dan kelola dengan pola manajemen yang tidak jelas aspek perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Ke depan disepakati FE Undiksha diharapkan memiliki  Model Manajemen Laboratorium Kewirwusahaan Terpadu yang memiliki 5 divisi, yaitu (1) divisi kreatif, (2) divisi litbang, (3) devisi diklat, (4) divisi kerja sama dan humas penyandang dana (dudi, prodi/fakultas, universitas), dan (5) devisi klinik konsultasi usaha dengan pola manajemen yang jelas baik dari fungsi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasannya.  

Published
2017-10-11
How to Cite
BAGIA, I Wayan. Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Undiksha Singaraja. Proceeding TEAM, [S.l.], v. 2, p. 846-857, oct. 2017. ISSN 2548-4443. Available at: <http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/team/article/view/220>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.23887/team.Vol2.2017.220.