PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAJAR MELALUI COBOVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI DESA TEMBOK, KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • M. Rudi Irwansyah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Adi Yuniarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Diota Prameswari Vijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pradnyana Paradila Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dio Artha Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rikky Rundu Padang Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

learning media, pop-up book, Canva, teacher competence, religious schools

Abstrak

Perkembangan teknologi pendidikan menuntut guru untuk mengembangkan kompetensi dalam pembuatan media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Sekolah keagamaan di Desa Tembok, Kabupaten Buleleng menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan media pembelajaran dan rendahnya motivasi pengajar untuk berinovasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengajar sekolah keagamaan melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran COBOVA (Collaboration Popup Book and Canva). Metode pelaksanaan meliputi pelatihan penggunaan aplikasi Canva, pelatihan pembuatan pop-up book, dan pendampingan implementasi media pembelajaran. Peserta kegiatan adalah 10 guru dari sekolah keagamaan di Desa Tembok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru dalam menggunakan teknologi digital untuk membuat media pembelajaran. Para guru mampu membuat desain pembelajaran melalui aplikasi Canva dan mengaplikasikannya dalam bentuk pop-up book yang menarik. Evaluasi menunjukkan 90% peserta merasa lebih percaya diri dalam membuat media pembelajaran inovatif dan 85% peserta menyatakan media COBOVA meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah keagamaan dengan menyediakan alternatif media pembelajaran yang kreatif, ekonomis, dan dapat digunakan secara berulang.

Referensi

Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Yrama Widya.

Dzuanda. (2011). Perancangan buku cerita anak pop-up Tokoh-tokoh dalam cerita Rakyat Sunda. Institut Teknologi Bandung.

Fida, A. (2021). Peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 156-167.

Irsan, M., Firmansyah, D., & Setiawan, R. (2021). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang komprehensif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 245-258.

Jeklin, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran. Alfabeta.

Kharissidqi, A., & Firmansyah, D. (2022). Analisis keunggulan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran digital. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 9(1), 78-89.

Muchlisa, N., Rahman, U., & Ahmar, A. S. (2021). Pemilihan media pembelajaran yang tepat berdasarkan karakteristik peserta didik. Educational Technology Journal, 12(2), 134-145.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA kelas III sekolah dasar. Elementary School Journal, 7(4), 234-245.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Validitas dan praktikalitas media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik. Primary Education Research Journal, 4(2), 189-201.

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Sa'dijah, C. (2019). Pengembangan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Media Pembelajaran Indonesia, 6(3), 167-178.

Novita, L., & Tegeh, I. M. (2021). Media pembelajaran untuk menjadikan materi abstrak menjadi konkret. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 89-98.

Nurhanifah, A., Sobandi, A., & Suhandi, A. (2020). Pop-up book sebagai media pembelajaran yang merangsang kreativitas siswa. Creative Education Journal, 8(2), 156-167.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi COVID-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Safri, M., & Sari, A. (2017). Daya tarik media pop-up book dalam pembelajaran untuk peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 46-55.

Sahara, D., & Silalahi, A. (2022). Kelayakan penggunaan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas IV SD. Social Studies Education Journal, 3(2), 123-135.

Sinta, M., & Syofyan, H. (2021). Jenis-jenis pop-up book dan implementasinya dalam pembelajaran. Media Kreativa, 7(3), 178-189.

Sinurat, B., & Syahputra, E. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Educational Research Quarterly, 22(4), 67-78.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Ulfa, M., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Nature Science Education Research, 3(1), 45-57.

Yanto, F., Festiyed, F., & Enjoni, E. (2023). Dampak positif penggunaan media pop-up book dalam proses pembelajaran. Innovation in Education Technology, 5(2), 234-246.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025