PEMBINAAN SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS MENULIS DI PLATFOM DIGITAL

Penulis

  • IGA Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Sonia Piscayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Rediasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Era Adnyayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Monik Rismadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Pasek Aditya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Elena Febiola Sihombing Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Riski Suputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Ksatria Narayana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi digital, kreativitas menulis, sekolah dasar, pelatihan dan pendampingan, platform digital

Abstrak

Penguasaan literasi digital dan keterampilan menulis kreatif merupakan kompetensi penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak jenjang sekolah dasar. Namun, hasil observasi di SD Negeri 1, 3, dan 4 Penarukan menunjukkan bahwa guru dan tenaga kependidikan masih terbatas dalam pemanfaatan teknologi digital, sehingga Gerakan Literasi Sekolah belum optimal, khususnya pada aspek literasi digital dan menulis di platform digital. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, dilaksanakan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan selama delapan bulan yang melibatkan 30 peserta (kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan). Metode yang digunakan meliputi ceramah, praktik langsung, diskusi, dan refleksi, dengan materi strategi pengembangan literasi digital, penggunaan ChatGPT, Canva, dan Padlet, serta publikasi karya digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman literasi digital, keterampilan menulis kreatif, dan kepercayaan diri peserta. Sebanyak 83% peserta mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, ditunjukkan melalui produk infografis dan galeri digital sebagai bukti nyata keberhasilan program.

Referensi

Abbas, E.W. (2000). Menulis di Otak dan Menuliskan Tulisan di Otak. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual . Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211-216. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5346

Anggraena, Yogi, Nisa Felicia, Dion Eprijum Ginanto, Indah Pratiwi, Bakti Utama, Leli Alhapip, and Dewi Widiaswati. (2022). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Chairani, V. S., Mursyida, L., Fadilah, R., Astuti, M., Rahmiati, R., & Hayatunnufus, H. (2023). Peningkatan kompetensi digital guru Sekolah Dasar dalam membuat media pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan fitur “Canva Education” di Kecamatan Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 253–256. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10924

Eliastuti, M. ., Amelia, R., Batubara, F. M., Nuraini, N., Fardiah, N., Damayanti, A., Rizqiani, A., Purba, E. F. W., Paron, O. D., & Putri, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 206-218. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.62

Fairuzabadi, M., & Gularso, D. (2023). Pendampingan dan pelatihan TIK untuk meningkatkan literasi digital guru SD Rejodadi Bantul. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5).

Fauziah, R. R. S. (2023). Kemampuan literasi digital guru Sekolah Dasar terhadap aplikasi Canva. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.62383/aktivisme.v1i2.258

Febrianti, S., Amin, F. H., & Nawir, N. (2021). Penggunaan Padlet untuk Peningkatkan Prestasi Menulis Caption Teks Peserta Didik di MAS Annajah Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 29-36. Retrieved from http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/108

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Harjono, Hary Soedarto. (2019). “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.” Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra8(1):1–7. doi: 10.22437/pena.v8i1.6706.

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151

Mubarak,R & Diantoro, K. (2024). Mempersiapkan Siswa SMK PGRI 4 Jakarta Menuju Revolusi Industri 5.0 Dengan Literasi Baca Tulis Menggunakan Chat GPT. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.53769/jai.v4i1.590

Ningrum, T. A., & Suherman, D. S. (2022). Peningkatan kompetensi literasi digital guru melalui Bimtek pembuatan media dan evaluasi pembelajaran daring untuk Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(3), 124–128. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i3.55

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Romadhon,A.K. (2020). The importance of reading and writing and its relationship to the progress of nation civilization. Kaos GL Dergisi, vol. 8, no. 75.

Rosidah, Cholifa Tur, Pana Pramulia, and Wahyu Susiloningsih. (2021). Analiasi Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar12(01).How to tekno. 2023. 50 Mbps untuk Berapa Orang? Ini Jawabannya. https://kumparan.com/how-to-tekno/50-mbps-untuk-berapa-orang-ini-jawabannya-20YqVXxBjGU/1

Septiana, A.S. & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832

Silviany, I. Y., Pratikno, H., Dewi, A. N., Syakir, M. A. A., & Huwaida, S. A. M. (2023). Pelatihan dan pendampingan literasi dalam pembelajaran bagi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cilengkrang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3177–3182. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14931

Sunarto, M. D., Hariadi , B., Tan, A., Lemantara, J., & Sagirani, T. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Abad 21 dengan Flipped Learning untuk Guru SMA . Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 18–25. https://doi.org/10.36312/linov.v8i1.1103

Unduhan

Diterbitkan

03-11-2025