PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI KEUANGAN PADA GURU SEKOLAH DASAR UNTUK PENERAPAN PEMBELAJARAN EKONOMI SEDERHANA

Penulis

  • Ni Wayan Ayu Santi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Indrayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Anintia Trisna Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Firayanti Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Ary Meitriana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi keuangan, pembelajaran ekonomi sederhana

Abstrak

Peningkatan keterampilan literasi keuangan pada guru sekolah dasar merupakan langkah strategis dalam memperkuat kualitas pembelajaran ekonomi sederhana bagi siswa. Adapun manfaat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini yaitu meningkatkan kompetensi profesional guru, mendorong pembelajaran kontekstual, memberdayakan guru sebagai agen perubahan di lingkungan sekolah dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Proses PkM ini ada tiga tahap yakni tahap persiapan, kegiatan dan evaluasi. Pada tahap kegiatan PkM ini meliputi pelatihan dan pendampingan pembuatan media dalam penerapan pembelajaran ekonomi sederhana di kelas. Adapun capain dari kegiatan ini (1) 90% guru memperoleh skor 100 dalam post test literasi keuangan menandakan adanya peningkatan pengetahuan guru tentang literasi keuangan dasar, (2) 80% guru dapat menyusun dan menyampaikan materi ajar yang memuat unsur literasi keuangan  dan (3) 90% guru menyatakan lebih percaya diri dalam survei evaluasi pelatihan. Dampak jangka panjangnya adalah terciptanya generasi muda yang memiliki kecakapan hidup dan kesadaran finansial sejak dini.

Referensi

Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2018). Sustainable Transport, Sustainable Development. In Sustainable Transport, Sustainable Development. Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT). https://doi.org/10.18356/9789210010788

Dwijayanti, I., Mualifah, Z. A., Putri, N. F., Rosyada, M., Setyabudi, & Maharani, N. S. (2024). Membangun Kesadaran Literasi Keuangan Dan Kebiasaan Menabung Anak Di Tpq Nururrohmah. 4, 50–73.

Hikmawati, C. R., Subroto, W. T., & Kusuma, D. P. (2025). Implementasi Pendidikan Literasi Keuangan di Sekolah Dasar. 14(1), 145–154.

Nizam. (2019). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (Vol. 11, Issue 1). Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Oliver, J. (2013). Menjadi Guru Profesional Di Era Globalisasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Qomariah, A., Alhuda, M. R., Tunru, A. A., Widya, U., & Mahakam, G. (2023). Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Abad Ke-21. Jpkm, 3(2), 183–186.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025