PELATIHAN SIMULASI WAWANCARA KERJA DAN ETIKET KOMUNIKASI PROFESIONAL BAGI SISWA SMK DI KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Putu Ayu Prabawati Sudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Astiti Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rima Andriani Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suta Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Adi Krisna Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

etiket komunikasi profesional, kesiapan kerja, pengabdian kepada masyarakat, Sekolah Menengah Kejuruan, simulasi wawancara kerja

Abstrak

Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kerja (employability skills) siswa sekolah menengah kejuruan di Buleleng dengan memperkuat kemampuan mereka dalam etika komunikasi profesional, penulisan curriculum vitae (CV), dan simulasi wawancara kerja. Program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan mendesak dalam penyusunan resume, teknik wawancara, etika kerja, dan perilaku profesional yang belum mendapat penekanan memadai dalam kurikulum sekolah yang ada. Metode implementasi meliputi studi kasus, presentasi materi terstruktur, simulasi, dan sesi bimbingan lanjutan sebelum siswa menjalani magang industri. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta yang tinggi, dengan skor rata-rata Likert melebihi 4,0 di semua komponen pelatihan. Peserta melaporkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan praktis, dan kepercayaan diri mereka, yang memungkinkan mereka untuk berprestasi lebih baik dalam proses seleksi kompetitif dan beradaptasi dengan sukses di lingkungan kerja.

Referensi

Aderina, K. S., Krishnan, I. A., Ramiah, V. D. G., Paleni, T., & Baskaran, S. (2022). Impression management tactics in job interviews among fresh graduates in Malaysia: A case study in a workplace. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(1). https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i1.1270

Arnett, R. C., Fritz, J. M., & Bell, L. M. (2009). Communication ethics literacy: Dialogue and difference. SAGE Publications.

Azizah, D. N., Muslim, S., & Cholik, M. (2020). The correlation of industrial work experience and soft skills on work readiness of graduates of vocational high school. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(1), 45–52.

De Ocampo, L. G., Sausa, L. P., Balila, J. S., Joy, G., Lopez, B., Narbarte, R. E., & Carpizo, R. T. (2021). The influence of office technology and job performance of office profesionals as mediated by interpersonal skills. Journal of Communication in Scientific Inquiry (JCSI), 3(2).

Handari, W. D., & Tuwoso, T. (2025). Development of soft skills and hard skills of vocational high school students towards students' readiness in the world of work. International Journal of Educational Evaluation and Policy Analysis, 2(2), 248. https://doi.org/10.62951/ijeepa.v2i2.248

Janssen, D., & Carradini, S. (2021). Generation Z workplace communication habits and expectations. IEEE Transactions on Profesional Communication, 64(2), 137–153. https://doi.org/10.1109/TPC.2021.3069288

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Liew, K. W., & Rashid, W. M. S. A. (2004). The impacts of text messaging on interpersonal communication skills among university students in Malaysia. Proceedings of the Lancaster University Education Conference, 1–11. https://doi.org/10.71957/hvyz3777

Pusriawan, P., & Soenarto, S. (2019). Employability skills of vocational school students in Palu City for entering the work world. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i1.23351

Rajagukguk, R. R. B., Zebua, A. S., Bukit, S. R. B., Pasaribu, E. A., Simatupang, Y., El Akmal, M., & Kurniawan, F. (2024). Gambaran efikasi diri pelamar fresh graduate dan pelamar berpengalaman pada kegiatan wawancara kerja. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(1), 102–115. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.286

Sudana, P. A. P., Ratminingsih, N. M., Padmadewi, N. N., & Adnyani, N. L. P. S. (2024). Business Etiquette Based on Industry Demands: Student’s Needs Analysis. Kurdish Studies, 12(2), 5874–5886. https://doi.org/10.58262/ks.v12i2.436

Suyitno, S., Nurtanto, M., Jatmoko, D., Widiyono, Y., Purwoko, R. Y., Abdillah, F., Setuju, & Hermawan, Y. (2025). The effect of work-based learning on employability skills: The role of self-efficacy and vocational identity. European Journal of Educational Research, 14(1), 309–321. https://doi.org/10.12973/eu-jer.14.1.309

Wahyudi, Suharno, & Pambudi, N. A. (2023). Evaluate the vocational school graduate’s work-readiness in Indonesia from the perspectives of soft skills, roles of teacher, and roles of employer. Journal of Curriculum and Teaching, 12(1), 110–123. https://doi.org/10.5430/jct.v12n1p110

Wulaningrum, T., & Hadi, S. (2019). Soft skills profile of vocational school students in Yogyakarta City for entering the industrial world. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 217–228. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.24944

Yorke, M., & Knight, P. T. (2006). Embedding Employability into the Curriculum: Learning & Employability (Vol. 1). The Higher Education Academy.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025