PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODUL AJAR LITERASI TERINTEGRASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MI AL HUDA

Penulis

  • Diota Prameswari Vijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • M Rudi Irwansyah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rindhi Marverissa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Ria Astria Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Risa Rahayu Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

modul ajar, kurikulum merdeka, literasi

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MI AL Huda dalam menyusun modul ajar literasi terintegrasi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka. kegiatan ini diikuti oleh 10 orang guru MI AL Huda. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu pra-kegiatan, inti kegiatan dan pasca kegiatan. Pada tahap pra kegiatan, tim pengabdi melakukan koordinasi kepada mitra dan memetakan permasalahan utama. Pada inti kegiatan dilakukan 1 kali pelatihan penyusunan modul ajar terintegrasi dan kegiatan berikutnya adalah 2 kali pendampingan, yaitu menyusun draft awal modul ajar dan mengimplementasikan modul dalam kelas. Pada tahap terakhir yaitu pasca kegiatan dengan melakukan evaluasi dan penyusunan laporan. Hasil pelatihan dan pendampingan ini, yaitu para guru antusias dalam menyusun modul ajar dan mempraktikkan bahan ajar yang dimiliki dan mulai membuat modul ajar yang terintegrasi dan inovatif, sehingga menarik minat baca peserta didik.

Referensi

Aprillia, E., Nurhayati, C., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(4), 2829–2837. https://doi.org/https://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/78

Fida, L. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada SIswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(110), 395–405.

Indarti, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Metode Forum Group Discussion Smp Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Jispendiora, 2(1), 93–107. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.485

Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4, 1–23.

Muchlisa, N., ANggereni, S., & Dani, A. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Box Berbasis Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPA Fisika. Al-Asma: Journal Of Islamic Education, 3(1).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rismawanda, H., & Mustika, D. (2024). Kemampuan Guru dalam Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 32–42. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.575

Yuhaga, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Di Sd Negeri 1 Pandran Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 52–58. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4197

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025