PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERHOTELAN PADA GURU SMK NEGERI 1 TEJAKULA
Kata Kunci:
Pelatihan, Pendampingan, perangkat pembelajaran, akuntansi perhotelanAbstrak
Pelatihan dan pendampingan ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan pada SMKN 1 Tejakula, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, yaitu belum sepenuhnya dipahami tentang penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan. Metode kegiatan ini dalam bentuk pelatihan dan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan bagi guru-guru di SMKN 1 Tejakula. Kegiatan ini diawali dengan penyiapan kelengkapan adiministrasi yang diperlukan, berkoordinasi dengan Kepala sekolah dan guru-guru di SMKN 1 Tejakula, penyiapan materi pelatihan tentang penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan, penyiapan nara sumber yang kompeten dan relevan, serta penyiapan jadwal pelatihan. Pada tahap implementasi dilakukan pelatihan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan. Setelah tahap monitoring kegiatan dilanjutkan denngan mengevaluasi hasil produk perangkat yang sudah dihasilkan oleh para guru. Evaluasi dilakukan dengan menilai kemampuan Guru-guru dalam memahami penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan sehingga kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran meningkat. Skor hasil evaluasi yang diperoleh sebesar 86.07% yang berarti bahwa guru sudah mampu menyusun perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan.
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Gorontalo, 1(1), 68–74.
Krisnawati, K., Yulaeha, S., & Budiastra, K. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1116–1124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2181
Ningrum, R. K. (2021). Validitas dan Reliabilitas Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ) pada Mahasiswa Kedokteran. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 421–425. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.421-425
Shunhaji, A., & Zulaihah, Z. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Di Mtsn 41 Al Azhar Asy Syarif Indonesia. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 11(1), 14–20. https://doi.org/10.56745/js.v11i1.108
SMK N 1 Tejakula. (2020). Visi & Misi - SMK NEGERI I Tejakula (p. https://smkn1tejakula.sch.id/id/profil/visi-misi).
Sulindawati, N. L. G. E., Meitriana, M. A., Atmaja, I. M. D., & Wulan, N. A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Sistem Akuntansi Pemerintahan Pada Guru SMK Negeri. 8(November), 608–615.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Luh Gede Erni Sulindawati, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, Basilius Redan Werang Werang, Made Dwita Atmaja, Kadek Mitananda Pradnya Nugraha, Gede Teguh Prasetya Muttiwijaya, Kadek Marlina Nalarreason

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
