PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERHOTELAN PADA GURU SMK NEGERI 1 TEJAKULA

Penulis

  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Basilius Redan Werang Werang Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Dwita Atmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Mitananda Pradnya Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Teguh Prasetya Muttiwijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Marlina Nalarreason Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pelatihan, Pendampingan, perangkat pembelajaran, akuntansi perhotelan

Abstrak

Pelatihan dan pendampingan ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan pada SMKN 1 Tejakula, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, yaitu belum sepenuhnya dipahami tentang penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan. Metode kegiatan ini dalam bentuk pelatihan dan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan bagi guru-guru di SMKN 1 Tejakula. Kegiatan ini diawali dengan penyiapan kelengkapan adiministrasi yang diperlukan, berkoordinasi dengan Kepala sekolah dan guru-guru di SMKN 1 Tejakula, penyiapan materi pelatihan tentang penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan, penyiapan nara sumber yang kompeten dan relevan, serta penyiapan jadwal pelatihan. Pada tahap implementasi dilakukan pelatihan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan. Setelah tahap monitoring kegiatan dilanjutkan denngan mengevaluasi hasil produk perangkat yang sudah dihasilkan oleh para guru. Evaluasi dilakukan dengan menilai kemampuan Guru-guru dalam memahami penyusunan perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan sehingga kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran meningkat. Skor hasil evaluasi yang diperoleh sebesar 86.07% yang berarti bahwa guru sudah mampu menyusun perangkat pembelajaran akuntansi perhotelan.

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Gorontalo, 1(1), 68–74.

Krisnawati, K., Yulaeha, S., & Budiastra, K. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1116–1124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2181

Ningrum, R. K. (2021). Validitas dan Reliabilitas Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ) pada Mahasiswa Kedokteran. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 421–425. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.421-425

Shunhaji, A., & Zulaihah, Z. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Di Mtsn 41 Al Azhar Asy Syarif Indonesia. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 11(1), 14–20. https://doi.org/10.56745/js.v11i1.108

SMK N 1 Tejakula. (2020). Visi & Misi - SMK NEGERI I Tejakula (p. https://smkn1tejakula.sch.id/id/profil/visi-misi).

Sulindawati, N. L. G. E., Meitriana, M. A., Atmaja, I. M. D., & Wulan, N. A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Sistem Akuntansi Pemerintahan Pada Guru SMK Negeri. 8(November), 608–615.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025