MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA BALI MELALUI PERMAINAN CIBAKAT PADA SISWA SD NEGERI 2 UBUNG
Kata Kunci:
Mata Pelajaran Bahasa Bali, Minat Belajar, Metode Pembelajaran InovatifAbstrak
Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan minat belajar Bahasa Bali siswa SD Negeri 2 Ubung, meningkatkan pengetahuan terkait kosa basa Bali siswa SD Negeri 2 Ubung, dan siswa SD Negeri 2 Ubung mendapatkan nilai yang bagus dalam pelajaran kosa basa Bali melalui pelatihan dan pendampingan permainan CIBAKAT. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: (1) Minatbelajar siswa SD Negeri 2 Ubung rendah dalam mempelajari materi kosa basa Bali, (2) Pengetahuan siswa SD Negeri 2 Ubung kurang dalam materi kosa basa Bali, (3) Keterbatasan guru dalam melaksanakan pembelajaran kosa basa Bali dengan penggunaan metode pembelajaran inovatif. Berdasarkan permasalahan mitra maka solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah: (1) Mengadakan pelatihan kepada siswa SD Negeri 2 Ubung dalam meningkatkan minat belajar bahasa Bali melalui metode pembelajaran inovatif dengan penerapan permainan CIBAKAT, (2) Mengadakan pendampingan kepada siswa SD Negeri 2 Ubung dalam meningkatkan pengetahuan kosa basa BaliĀ melalui metode pembelajaran inovatif dengan penerapan permainan CIBAKAT.
Referensi
Aoliyah, Nurlutfi. 2023. Penggunaan Teknik Game-Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa. KALA MANCA: Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol.11 , No.1.
Furqon, Muhammad. 2024. Minat Belajar. Solok: Pt Mafy Media Literasi Indonesia.
Khaerunnisa, dkk. 2022. Penerapan Metode Games Based Learning UntukMeningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol. 6, No. 3.
Murti, Maulana. 2024. Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Skripsi: Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nurhasanah, Aas, dan Reren Hamidah. Manfaat Game Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII SMP Plus Bina Pandu Mandiri. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, Vol. 2, No. 2.
Pajriah, Istiqomah Nur. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran GBL (Game Based Learning) Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 03 Bukit Kemuning. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Purnami, Ida Ayu Putu, dan I Made Sutama. 2024. Penerapan Media Wordwall dalam Pembelajaran Kosa Basa Bali Tingkat Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 9, No. 4.
Purnami, Ida Ayu Putu, dkk. 2024. Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Bali Siswa SD Negeri 2 UBUNG. Proceeding Senadimas Undiksha 2024.
Ramadanti, Anggy Wida, dkk. 2024. Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode Game-based Learning pada materi ipas di kelas IV SD N 57 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi, Kearifan Lokal dan Pendidikan Transformatif (SNTEKAD), Vol. 1, No. 2.
Suwija, I Nyoman, dkk. 2019. Tingkat-Tingkatan Bicara Bahasa Bali (Dampak Anggah-Ungguh Kruna). Sosiohumaniora: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 21, No. 1.
Subagio, Lilik, dkk. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Faflesia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6, No,2.
Yasmini, I Gusti Ketut. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, Vo.5, No.2.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ida Ayu Putu Purnami, Trifalah Nurhuda, Rima Andriani Sari, I Wayan Gede Wisnu, Ida Bagus Putra Manik Aryana, I Gusti Made Budiarta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
