PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI ‘EDUCAPLAY’ DALAM PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK SEKOLAH DASAR DI KELAS INKLUSIF

Penulis

  • Nyoman Padmadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Artini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Suarcaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Putu Ramendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Sintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Yuniari Universitas Dwijendra

Kata Kunci:

media, educaplay, inclusive class, literacy, elementary school teachers

Abstrak

Penggunaan media berbasis teknologi Educaplay bertujuan untuk mengajar keterampilan literasi dasar untuk SD di kelas inklusif bagi guru SD gugus 5 Sukasada Kecamatan Sukasada, dan merupakan kelanjutan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Padmadewi, dkk tahun 2023 dan PkM tahun 2024. Pelatihan ini juga merupakan upaya untuk menerapkan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang anak berpendidikan khusus di kelas inklusif untuk bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hasil analisis situasi menunjukkan bahwa sebagaian besar guru SD di Gugus 5 Sukasada belum paham tentang media mengajar literasi dasar untuk anak berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Oleh sebab, pelatihan ini dilakukan dan bertempat di salah satu SD di Gugus 5 Sukasada, diikuti oleh 25 guru. Pelatihan dilakukan secara luring tatap muka langsung. Hasil pelatihan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dan menunjukkan respon yang sangat positif. Diharapkan dengan pelatihan ini para guru menjadi lebih siap dan lebih kompeten dalam melaksanakan pendidikan inklusif di sekolah masing-masing.

Referensi

Cummins, J. (2007). Rethinking monolingual instructional strategies in multilingual classrooms. Canadian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 221–240.

Dicheva, D., Dichev, C., Agre, G., & Angelova, G. (2015). Gamification in education: A systematic mapping study. Educational Technology & Society, 18(3), 75–88.

Fitriani, E. (2023). The use of EducaPlay media in improving early reading ability of elementary students. Jurnal Global Edukasi Literasi Anak, 5(2), 122–134.

Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81–112.

Nurdiana, I. (2022). The effectiveness of using EducaPlay in improving students’ reading comprehension of recount text. [Undergraduate Thesis, UIN Sunan Gunung Djati]. UIN Repository.

Padmadewi, N., Artini, L. P., Sindhu, I. G. P., Dewi, K. S., Dewi, M. R. C., & Praptono, G. S. (2024). Persepsi Guru Tentang Media Untuk Mengajar Keterampilan Literasi Dasar Dan Perubahan Perilaku Siswa Taman Kanak-Kanak Di Kelas Inklusif. Senadimas, 60–67.

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Sindu, I. G. P., Shanmuganathan, T., Suarcaya, P., & Dewi, K. S. (2023). Instructional media for Autistic Spectrum Disorder (ASD) children: A study on need analysis. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3), 477–491. https://doi.org/10.23887/jere.v7i3.61558

Padmadewi, N. N., Sukma, I. M., Sukadana, A., & Artini, L. P. (2024). Inclusive education : Survey on teachers’ perception of its implementation. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 315–330.

Rahayu, S. D., Dayu, D. P. K., Rosniwaty, Khoiroh, H., & Moeljaningsih, W. (2024). Penerapan Game Based Learning Educaplay Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 511–519. https://doi.org/10.12681/edusc.3109

Rambla, X., & Langthaler, M. (2016). The SDGs and inclusive education for all: From special education to addressing social inequalities. Briefing Paper, Austrian Foundation for Development Research (ÖFSE, 14. https://doi.org/http://hdl.handle.net/10419/142739

Rosida, L., & Wahyuningsih, S. (2024). Penggunaan Leaderboard Melalui Educaplay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i5.2024.9

Shute, V. J. (2008). Focus on formative feedback. Review of Educational Research, 78(1), 153–189.

Slee, R. (2018). Defining the scope of inclusive education: Think piece prepared for the 2020 Global education monitoring report, Inclusion and Education. UNESCO.

Supriatna, D., Sepriyanti, D., & Hartono, R. (2024). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDN Ciherang 01. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 62–79.

Tarigan, T. B., Arifin, M., & Nuraisah. (2024). Media Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II di SD Negeri 064974 Medan Tembung Tahun Pembelajaran 2024 / 2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 15792–15801.

Tonegawa, Y. (2023). Education in SDGs: What is inclusive and equitable quality education? In S. Urata, K. Kuroda, & Y. Tonegawa (Eds.), Sustainable development disciplines for humanity: Breaking down the 5Ps—people, planet, prosperity, peace, and partnerships. Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-4859-6

Warschauer, M., & Liaw, M. L. (2011). Emerging technologies for autonomous language learning. Studies in Self-Access Learning Journal, 2(3), 107–118.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025