APLIKASI WHATSAPP BOT UNTUK EDUKASI DIABETES DI PUSAT RUJUKAN KESEHATAN PARIWISATA KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Ni Kadek Diah Purnamayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Arya Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Diah Purnamasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hendra Masfuri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Ita Mahendrayani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

diabetes, whatsApp, edukasi terstruktur, whatsAppbot

Abstrak

Diabetes sebagai penyakit kronis merupakan beban volume pembiayaan kesehatan di fasilitas kesehatan primer hingga fasilitas kesehatan sekunder sebagai rujukan. RSUD Kabupaten Buelelng sebagai pusat rujukan di Bali Utara , merawat kurang lebih 30-50 pasien diabetes setiap hari di poliklinik penyakit dalam. Tingginya beban kerja pelayanan kesehatan sulit untuk mengakomodasi kebutuhan edukasi dan konsultasi secara komprehensif. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan solusi layanan edukasi dan konsultasi kesehatan dengan penggunaan teknologi komunikasi autoresponder WhatsApp Bot pada WhastApp. Tahapan kegiatan pengabdian terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan pendampingan serta evaluasi. Tahap persiapan adalah menyiapkan WhatsApp autoresponder WhatsApp Bot yang konten edukasi dan konsultasinya telah dilakukan analisis oleh pakar kesehatan dan memiliki basis data dalam website . Selanjutnya adalah menggunakan nomor khusus yang disosialisasikan di RSUD Buleleng untuk layanan edukasi dan konsultasi diabetes.

Referensi

Adi, M. J. D. (2018). Peramalan Jumlah Pasien Penderita Penyakit Diabetes Menggunakan Metode ARFIMA (Studi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng).

Ahdiah, N., & Arofiati, F. (2020). Metode-Metode Penyampaian Diabetes Self-Management Education (DSME). Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(1), 303–317. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i1.416

Astutisari, I. D. A. E. C., AAA Yuliati Darmini, A. Y. D., & Ida Ayu Putri Wulandari, I. A. P. W. (2022). Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Manggis I. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(2), 79–87. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i2.350

Direktorat P2PTM. (2019). Buku Pedoman Penyakit Tidak Menular. Kementerian Kesehatan RI, 101.

Fauziansyah, A., Yulian Wiji Utami, Alfrina Hany, Mohammad Fahrul Arifin, & Moh. Ubaidillah Faqih. (2024). Support Group WhatsApp Chat Method on Knowledge of Heart Failure Patients at RSUD dr. R. Koesma Tuban. Journal of Nursing Science Update (JNSU), 12(1), 9–17. https://doi.org/10.21776/ub.jik.2024.012.01.02

Firdiawan, A., Fadhilah, R., Listiani Imanda, Y., & Nurleni, N. (2023). Pola Penggunaan Obat Dan Karakteristik Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Rawat Inap Di Rumah Sakit Siti Fatimah Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Bakti Farmasi, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.61685/jibf.v7i2.92

Gupta, P., & Shukla, R. (2022). Whatsapp for diabetes self management education (DSME) in type 1 diabetes mellitus: A randomized controlled trial. In Indian Journal of Endocrinology and Metabolism (Vol. 26, Issue Suppl 1, p. S39). https://doi.org/10.4103/2230-8210.342232

IDF. (2021). IDF Atlas. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK581940/

Indriani, I., & Ngasu, K. E. (2020). Pengalaman Pasien Diabetes Melitus Dalam Menjaga Kestabilan Gula Darah. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.24252/asjn.v1i1.17024

Kartika, A. W., Widyatuti, W., & Rekawati, E. (2023). DIMAS (Diabetes Management Support) Application: Mobile-Phone Based Intervention to Support Diabetes Self-Management Activities. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 19(4), 186–192. https://doi.org/10.47836/MJMHS.19.4.28

Mash, R., Schouw, D., & Fischer, A. E. (2022). Evaluating the Implementation of the GREAT4Diabetes WhatsApp Chatbot to Educate People With Type 2 Diabetes During the COVID-19 Pandemic: Convergent Mixed Methods Study. JMIR Diabetes, 7(2), e37882. https://doi.org/10.2196/37882

Mulyono, H., Suryoputro, G., & Jamil, S. R. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(8), e07853. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853

Purnamayanti, N. D., & Wicaksana, A. (2021). Digital health services among patients with diabetes during the COVID-19 pandemic: A scoping review. Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, 25(2), 86–92. https://doi.org/10.4103/ijem.ijem_153_21

Purnamayanti, N. K. D., Aryawan, K. Y., & Sundayana, M. (2022). Kulwap”: a trend of health promotion during the COVID-19 pandemic, Implementation of the STIKES Buleleng Community Partnership Project. Journal of Community Empowerment for Health, 5(1), 10. https://doi.org/10.22146/jcoemph.62280

Soelistijo, S. (2021). Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia 2021. Global Initiative for Asthma, 46. www.ginasthma.org.

Tuobenyiere, J., Mensah, G. P., & Korsah, K. A. (2023). Patient perspective on barriers in type 2 diabetes self-management: A qualitative study. Nursing Open, 10(10), 7003–7013. https://doi.org/10.1002/nop2.1956

Wu, Y., Zhang, J., Ge, P., Duan, T., Zhou, J., Wu, Y., Zhang, Y., Liu, S., Liu, X., Wan, E., & Sun, X. (2024). Application of Chatbots to Help Patients Self-Manage Diabetes: Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Medical Internet Research, 26, e60380. https://doi.org/10.2196/60380

Wulandari, A., Subroto, G., & Hendrartini, J. (2013). Factors Affecting Back Referral of Type 2 Diabetes Mellitus Patient of Askes Social Members From The Hospital To The Primary Care Physicians. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 16(1), 46–52.

Yaagoob, E., Lee, R., Stubbs, M., Shuaib, F., Johar, R., & Chan, S. (2024). WhatsApp-based intervention for people with type 2 diabetes: A randomized controlled trial. Nursing and Health Sciences, 26(2), 1–19. https://doi.org/10.1111/nhs.13117

Yunitasari, T., Yuniarti, & Noor Mintarsih, S. (2019). The effectiveness of four pillars management type 2 diabetes mellitus on knowledge, attitude, and behavior of prolanis participants. Jurnal Riset Gizi, 7(2), 131–134.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025