PEMBERDAYAAN FLIPERENTIATION LEARNING BERBASIS PERPADUAN TAT TWAM ASI DAN LOGIKA HOTS-SUPERITEM
Kata Kunci:
Pemberdayaan, Fliperentiation Learning, Tat Twam Asi, HOTS, SuperitemAbstrak
Permasalahan terkait kesulitan guru dalam membangkitkan kompetensi siswa, khususnya dalam penggalian secara mendalam kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, kesulitan guru menanamkan karakter positif siswa khususnya dalam bertingkah laku selama pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Hal ini terjadi di tingkat satuan pendidikan dasar, tidak terkecuali pada lingkungan SMP Negeri di Kecamatan Kediri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pemberdayaan fliperentiation learning berbasis perpaduan Tat Twam Asi dan logika HOTS-Superitem sebagai model pembelajaran kekinian dalam menunjang peningkatan kompetensi dan karakter positif siswa SMP. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan terkait kesulitan guru dalam membangkitkan kompetensi dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta kesulitan guru dalam menciptakan program untuk menanamkan karakter positif siswa. Kegiatan pemberdayaan ini diikuti oleh 28 guru dari beberapa SMP Negeri di Kecamatan Kediri dan dilaksanakan di ruang serbaguna SMP Negeri 1 Kediri. Pengujian kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru di lingkungan SMP Negeri Kecamatan Kediri setelah mengikuti kegiatan pemberdayaan dilaksanakan oleh narasumber kegiatan. Pengujian efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dilakukan oleh 28 guru selama kegiatan pengabdian berlangsung. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 2 x termin. Hasil uji kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru serta efektivitas kegiatan pemberdayaan dianalisis dengan cara membandingkan hasil tersebut dengan standar kualitas dan efektivitas yang mengacu skala lima. Kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru sudah terkategori baik dan efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan juga terkategori efektif.
Referensi
Ananda, S. T., Budiana, S., & Sundari, F. S. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis HOTS Dalam Bentuk Quizizz Pada Materi Tumbuhan Kelas IV. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 2713–2722. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1877
Antara, I. G. W., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 246–257.
Ariawan, I. P. W., Divayana, D. G. H., & Suyasa, P. W. A. (2021). The Field Trial of Kelase-Tri Kaya Parisudha Platform to Realize Hybrid-Superitem Patterned Blended Learning for Mathematics Subject. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 1098(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/5/052084
Ariawan, I. P. W., Divayana, D. G. H., & Suyasa, P. W. A. (2022). Development of Blended Learning Content Based on Tri Kaya Parisudha-Superitem in Kelase Platform. International Journal of Modern Education and Computer Science (IJMECS), 14(1), 30–43. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2022.01.03
Asrial, A., Syahrial, S., Sabil, H., Ryan, J., Cox, R., Emmitt, M., & Rahmi, R. (2024). Science Teacher’s Book: Analyzing Elementary School Students’ Character Values. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 8(1), 180–187. https://doi.org/10.22437/jiituj.v8i1.32766
Baig, M. I., & Yadegaridehkordi, E. (2023). Flipped Classroom in Higher Education: A Systematic Literature Review and Research Challenges. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(61), 1–26.
Baskara, F. R. (2023). Chatbots and Flipped Learning: Enhancing Student Engagement and Learning Outcomes Through Personalised Support and Collaboration. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(2), 223–238.
Baybayon, G. G., & Lapinid, M. R. C. (2024). Effects of Differentiated Instruction in Flipped Classrooms on Students' Mastery Level and Performance in Quadratic Equations. Mathematics Teaching Research Journal, 16(1), 213–237.
Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2024). Student Competencies in Intracurricular Learning Through Project-Based Learning in Muhammadiyah Junior High School. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), 285–303. https://doi.org/10.22219/raden.v4i1.32558
Divayana, D. G. H., Heryanda, K. K., & Suyasa, P. W. A. (2022). Empowerment of Teachers as Evaluators of Asynchronous Learning Based on the Combination of the CSE-UCLA Model with Daiwi Sampad. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(8), 2658–2679. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i8.7800
Eikeland, I., & Ohna, S. E. (2022). Differentiation in Education: A Configurative Review. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 8(3), 157–170.
Febriana, R., Sugiman, S., & Wijaya, A. (2023). Analysis of the Implementation of Differentiated Learning in the Implementation of the Independent Curriculum in Middle School Mathematics Lessons. International Journal of Humanities Education and Social Sciences, 3(2), 640–650.
Gustian, K. (2025). Flipped-Differentiated Learning (FDL): Promoting a More Comfortable, Customized, and Meaningful Learning. Journal on Education, 7(2), 9562–9575. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7930
Haryanti, S., & Setyandari, A. (2020). English Students’ Character Reflected in Teaching and Learning of Seminar on Linguistics Course. International Journal of Active Learning, 5(1), 26–36.
Hidayat, N., Ruhiat, Y., Anriani, N., & Suryadi, S. (2024). The Impact of Differentiated Learning, Adversity Intelligence, and Peer Tutoring on Student Learning Outcomes. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(3), 537–548.
Kusuma, N. M. A. T., & Mahyuni, L. P. (2024). Enhancing Gen z’s Performance: The role of OCB, Tat Twam Asi Concept, and QWL. International Journal of Scientific Research and Management, 12(8), 7249–7259.
Mantasiah, R., Yusri, & Jufri. (2020). Semantic Feature Analysis Model: Linguistics Approach in Foreign Language Learning Material Development. International Journal of Instruction, 13(1), 185–196. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13112a
Namora, H. S., Fitri, H., Immamuddin, M., & Rahmat, T. (2023). Model Pembelajaran Superitem: Implementasi dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 246–256. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2875
Ramadhan, M. Q., & Inayati, N. L. (2024). Student Competence in Carrying Out Learning Evaluations in the Era of Independent Learning. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.435
Ratri,T. M., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik Abad 21 Melalui Selidig (Sekolah Literasi Digital). Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 62–76. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2567
Sholahuddin, A., Anjuni, N., Leny, & Faikhamta, C. (2023). Project-based and Flipped Learning in the Classroom: A Strategy for Enhancing Students’ Scientific Literacy. European Journal of Educational Research, 12(1), 239–251.
Sulistyarini, S., Purwaningsih, E., Witarsa, W., Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Purnama, S. (2024). Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Mempawah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3573-3581. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3621
Syofyan, H., Susanto, R., Setiyati, R., Vebryanti, V., Ramadhanti, D., Mentari, I., Ratih, R., Dwiyanti, K., Oktavia, H., & Tesaniloka, M. (2020). Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 338–346. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29840
Widiawati, K., Shalahuddin, S., Manurung, H., & Jonathan, A. (2023). Pelatihan Character Building sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa/i di SMK Tinta Emas Indonesia (YATINDO) Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 5104-5110. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.2390
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Putu Wisna Ariawan, Dewa Gede Hendra Divayana, Agus Adiarta, P. Wayan Arta Suyasa, I Made Ardana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
