PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN MICRO-CONTENT UNTUK PEMBELAJARAN ABAD-21

Penulis

  • A.A. Ngurah Yudha Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rai Suwena Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sunitha Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Arya Dharmayasa Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

microlearning, micro-content, guru, inovasi pembelajaran, pembelajaran abad ke-21

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan micro-content sebagai strategi pembelajaran abad ke-21. Observasi awal di tiga sekolah mitra menunjukkan dominasi macro-content yang panjang serta minimnya pemahaman guru tentang microlearning. Program dilaksanakan melalui analisis situasi, dua kali pelatihan, tiga kali pendampingan intensif, serta evaluasi reflektif. Hasil kegiatan menunjukkan 87% guru mengalami peningkatan pemahaman, 76% telah mengintegrasikan micro-content dalam pembelajaran, dan siswa (82%) lebih termotivasi dibandingkan dengan bahan ajar konvensional. Produk yang dihasilkan berupa sembilan micro-content (video pendek, infografis, dan photostory), melebihi target enam produk. Kegiatan ini berimplikasi pada peningkatan keterampilan digital guru, motivasi belajar siswa, serta penguatan ekosistem inovasi di sekolah. Dengan demikian, program ini dapat menjadi model replikasi dalam mendukung implementasi Merdeka Belajar dan transformasi pendidikan digital yang berkelanjutan.

Referensi

Balasundaram, S., Mathew, J., & Nair, S. (2024). Microlearning and learning performance in higher education: A post-est control group study. Journal of Learning for Development, 11(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.752

Darmayasa, J. B., Aras, I., & Mucti, A. (2023). Microlearning: Teori dan implementasinya di Perguruan Tinggi (S. Wulandari & I. Fitriah (eds.)). Syiah Kuala University Press.

Fuad, D. R. S. M., Musa, K., & Hashim, Z. (2020). Innovation culture in education: A systematic review of the literature. Management in Education, 36, 1–15. https://doi.org/10.1177/0892020620959760

Fullan, M. G. (1996). Leadership for change. In K. Leithwood, J. Chapman, D. Corson, P. Hallinger, & A. Hart (Eds.), International Handbook of Educational Leadership and Administration (pp. 701–722). Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-009-1573-2_21

Giurgiu, L. (2017). Microlearning an evolving elearning trend. Scienific Bulletin, 22(1), 18–23. https://doi.org/10.1515/bsaft-2017-0003

Hug, T. (2005). Microlearning : A new pedagogical challenge. In T. Hug, M. Lindner, & P. A. Bruck (Eds.), Microlearning: Emerging concepts, practices and technologies after e-learning (pp. 7–12). Innsbruck University Press.

Humaera, I., Salija, K., Amin, F. H., Nasrullah, Jufrianto, M., & Reskyani. (2024). Investigating TPACK development among pre-service teachers in micro teaching in Indonesia. The Eastsouth Journal of Learning and Educations, 2(03), 200–208. https://doi.org/10.58812/esle.v2i03

Mahardika, A. A. N. Y. M., & Heryanda, K. K. (2020). Keberterimaan Dosen FE Undiksha terhadap Pemanfaatan Gawai Seluler dalam Pembelajaran Daring. Senari 7, 198–206.

Mahardika, A. A. N. Y. M., Parma, I. P. G., Dharmayasa, I. P. A., Irwansyah, M. R., Heryanda, K. K., & Andiani, N. D. (2021). Vocational Lecturers’ and Students’ Perceptions on Online Learning during Pandemic. Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197, 151–156. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.023

Merrill, M. D. (2002). First principles of instruction. ETR&D, 50(3), 43–59. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/BF02505024

Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The effectiveness of microlearning to improve students’ learning ability. International Journal of Education Research Review, 3(3), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24331/IJERE.415824

Mostrady, A., Sanchez-Lopez, E., & Gonzalez-Sanchez, A. F. (2025). Microlearning and its effectiveness in modern education : A mini review. Asta Pedagogia Asiana, 4(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.53623/apga.v4i1.496

Nebieridze, K. (2023). Innovative school leadership aspects. Journal of Legal Studies, 31(45), 17–37. https://doi.org/10.2478/jles-2023-0002

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025