PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN KOLABORATIF GURU DI SDN 2 BATUAGUNG

Penulis

  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Anzelina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Kolaborasi Guru, Kualitas Pembelajaran, Lesson Study

Abstrak

Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang dilaksanakan di SDN 2 Batuagung bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memperkenalkan dan menerapkan metode Lesson Study. Meskipun SDN 2 Batuagung sudah memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai, sekolah ini memiliki komitmen untuk terus meningkatkan keterampilan pedagogis para guru melalui kolaborasi yang lebih terstruktur. Metode Lesson Study diharapkan dapat memperkuat kerjasama antar guru dalam merancang, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran secara bersama-sama. Dalam pelatihan yang diikuti oleh 10 guru, mereka diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mengajar, serta meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa melalui pembelajaran yang lebih inovatif. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa penerapan Lesson Study telah berhasil mempererat kolaborasi antar guru, serta mendorong terciptanya kelas yang lebih dinamis dan interaktif, dengan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di SDN 2 Batuagung

Referensi

Cahyaningtyas, T. I., Yudhaningtyas, S. P., & Amelia, R. (2021). Kegiatan Lesson Study dalam Model Pembelajaran Heuristik Vee Sebagai Jawaban Tantangan Pembelajaran Abad 21. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.69

Hidayat, S., Agusta, E., Siroj, R. A., & Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 4(2), 171. https://doi.org/10.22146/jpkm.31423

Marianus Tapung. (2024). Pendekatan Lesson Study pada Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai. Syntax Idea, 6(4), 1561–1572. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i4.3153

N, Y., & Librianty, H. D. (2022). Pengaruh Lesson Study terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7123–7140. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3321

Setyadi, D. (2019). LESSON STUDY DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MATAKULIAH MATEMATIKA DASAR 3 S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Satya Widya, 35(1), 16–21. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p16-21

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025