INOVASI MEDIA BELAJAR ANAK USIA DINI: PUZZLE SEBAGAI APE BAHAYA KONSUMSI GULA BERLEBIH

Penulis

  • Ni Putu Vivin Indrawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

APE, , puzzle, , gula berlebih, , PAUD

Abstrak

Konsumsi gula berlebih pada anak usia dini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, karies gigi, hingga risiko diabetes di kemudian hari. Tujuan pengabdian ini mendeskripsikan pelatihan pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) berupa puzzle bagi guru PAUD untuk mengenalkan bahaya gula berlebih kepada anak. Kegiatan dilaksanakan melalui pemaparan materi, demonstrasi desain puzzle, praktik pembuatan, dan diskusi reflektif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru mengenai bahaya gula berlebih, dari 40% sebelum pelatihan menjadi 90% setelah pelatihan. Seluruh guru berhasil membuat puzzle sederhana dengan kualitas 85% layak digunakan. Puzzle dinilai efektif sebagai media interaktif untuk membantu anak memahami perbedaan antara makanan sehat dan makanan tinggi gula. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga menyediakan alternatif media pembelajaran inovatif dalam mendukung pola hidup sehat sejak dini.

Referensi

Ananta, G. Y., & Martadi. (2024). PERANCANGAN BUILDING BLOCKS PUZZLE SEBAGAI UPAYA UNTUK. Junal Desgrafia, 2(1), 115–126.

Ares, G., De Rosso, S., Mueller, C., Philippe, K., Pickard, A., Nicklaus, S., … Varela, P. (2024). Development of food literacy in children and adolescents: implications for the design of strategies to promote healthier and more sustainable diets. Nutrition Reviews, 82(4), 536–552. https://doi.org/10.1093/nutrit/nuad072

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dianthi, M. H., Handayani, T. S., Maryaningsih, M., Lestari, S. T., Suryadi, A., & Liza, M. (2025). Pemanfaatan Media Visual Dalam Program Edukasi Gizi Untuk Mencegah Konsumsi Gula Berlebih Di Kalangan Remaja. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 4(2), 317–324.

Fahlevi, R., Ulfa, M., Hafifah, C. N., Pardede, S. O., & Trihono, P. P. (2024). Obesitas dan Risiko Penyakit Ginjal pada Anak. Sari Pediatri, 26(1), 63. https://doi.org/10.14238/sp26.1.2024.63-8

Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15436

Hurlock, E. . (2009). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Bumi Aksara.

Iman, N., Abdurrahman, A., Irfan, A. Z., Endriani, A., & Huda, K. (2023). Pelatihan Teknik Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas di PAUD Al Hasanah Ampenan. Jurnal Dedikasi Madani, 1(2), 34. https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7033

Indrawati, N. P. V., Rasyad, A., & Mudiono, A. (2021). Media Pembelajaran Smart Egg dalam Mengenalkan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 467. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14675

Kemenkes. (2016). Pedoman Pelaksanaan SDIDTKA. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Stimulasi, Detrksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) dan Pemberian Makan pada Balita dan Anak Prasekolah. 1–241.

Leriyono, I. K., Kurniah, N., & Ardina, M. (2018). Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 89–90. https://doi.org/10.33369/JIP.3.2.89-90

Montessori, M. (2017). The Absorbent Mind, Pikiran yang Mudah Menyerap. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin, M., & Harjanty, R. (2023). Impelemetasi Media Ape Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pai Anak Di Tk It Anak Soleh Peraya, Lombok Tengah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1123–1131. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1758

Nasution, A. (2023). Fasilitas Kesehatan Pencegahan Diabetes Mellitus dengan Media “ Tangga Manis ” pada Siswa SDN Pamekang , Serang. 2(4), 255–261.

Nikmah, A., Shofwan, I., & Loretha, A. F. (2023). Implementasi Metode Project Based Learning untuk Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4857–4870. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4999

Nurma, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Tk Harapan Bunda Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Teruna Bhakti, 140–149.

Paramadini, A. W., Aldo, D., Setiya, Y., Nur, R., Raafi, M., Sa, A., … Rut, A. (2025). Peningkatan Gaya Hidup Sehat Anak melalui Edukasi Pencegahan Diabetes Berbasis Multimedia Interaktif di Purbalingga. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(4). https://doi.org/10.59818/jpm.v5i4.1685

Patil, S., Licari, F. W., Bhandi, S., Awan, K. H., Blasio, M. Di, Isola, G., … Minervini, G. (2024). Effect of game-based teaching on the oral health of children: a systematic review of randomised control trials. Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 48(4), 26–37. https://doi.org/10.22514/jocpd.2024.075

Rikesdas. (2020). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. Lembaga Penerbit Balitbangkes, pp. 70–75. Retrieved from https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/1/Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf

Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

WHO. (2022). Sugar-sweetened beverage taxation policies to promote healthy diets. Retrieved from https://www.who.int/publications/i/item/9789240056299

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025