PELATIHAN KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS DAN ETIKET LINTAS BUDAYA BERBASIS AI UNTUK MENINGKATKAN PARIWISATA DESA KALIBUKBUK

Penulis

  • Luh Indrayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • IGA Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Resika Arthana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Trika Adi Ana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

komunikasi bahasa inggris, etiket lintas budaya, AI, pariwisata

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan di Desa Kalibukbuk, kemampuan masyarakat dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris untuk pariwisata serta pemahaman etiket lintas budaya masih terbatas. Hal ini berdampak pada kurang optimalnya pelayanan wisatawan mancanegara sehingga diperlukan peningkatan kapasitas komunikasi yang lebih profesional. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan komunikasi bahasa Inggris, etiket lintas budaya, serta pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) sebagai media latihan komunikasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan, praktik langsung, diskusi, dan pendampingan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan menambah pengetahuan dan keterampilan praktis. Selain itu, hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta terkait komunikasi bahasa Inggris dan etiket lintas budaya. Dari kegiatan role-play, peserta telah mampu berkomunikasi dengan language expression and etiket yang berterima sesuai konteks komunikasi pariwisata. Diharapkan, keterampilan ini dapat terus dipraktekkan secara konsisten dalam berinteraksi dengan wisatawan sehingga mendukung peningkatan kualitas pelayanan dan pengembangan pariwisata di Desa Kalibukbuk.

Referensi

Fathi, J., Rahimi, M., & Derakhshan, A. (2024). Improving EFL learners’ speaking skills and willingness to communicate via artificial intelligence-mediated interactions. System Journal. https://doi.org/10.1016/j.system.2024.103254

Indrayani, L., Utami, I. G. A. L. P., & Ana, I. K. T. A. (2025). Utilizing Generative AI to Enhance EFL Learners’ Learning Motivation: A Case Study. JETAL: Journal of English Teaching & Applied Linguistics 7(1). 1-8. https://doi.org/10.36655/jetal.v7i1.1835

Kaliey, R. Y., Eisenring, D. D., Lutfi, Sarifuddin, Burhanuddin. (2025). Pengembangan Pariwisata dengan Pendekatan Community bsed Tourism (CBT) di Desa Weram Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso. Ruang: Jurnal Arsitektur. 19(1) 34-43. DOI: 10.22487/ruang.v19i1.224

Moybeka, A. M. S., Syariatin, N., Tatipang, D. P., Amaliyah, D., Mushthoza, D. N. P. J. L., & Tineh, S. (2023). Artificial intelligence and English classroom: The implications of AI toward EFL students’ motivation. Edumaspul J Pendidikan. 7(2):2444–54.

Pemerintah Kabupaten Buleleng. Daya tarik Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng. (2024). [cited 2024 Apr 25]. Available from:https://buleleng.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/58-daya-tarik-pantai-lovina-de sa-kalibukbuk-kecamatan-buleleng

Rahayu, I. (2025). Peran Service Excellence bagi Dasar Tour Guide Anggota Mitra Taxi Wira Trans di Kawasan Wisata Lagoi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran.7(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43188

Ratnasari, D. (2018). The importance of cross-cultural understanding in foreign language teaching in the Asian context. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya.46(2), 124–131. https://doi.org/10.17977/um015v46i22018p124

Sudiarta, M. & Subadra, I. N. (2024). Meningkatkan pelayanan wisata melalui etika profesi dan bahasa asing di Desa Wisata Duda Timur, Karangasem - Bali. Jurnal Pengabdian Dosen Republik Indonesia.1(1):35–41. Available from: https://ojs.baliacademicpublishing.com/index.php/JPDRI/article/view/38

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025