PEMBERDAYAAN LITERASI NUMERASI DAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PARANING DUMADI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERPIHAK PADA MURID
Kata Kunci:
Pemberdayaan, Literasi, Numerasi, Karakter, Paraning Dumadi, Pembelajaran Berpihak MuridAbstrak
Permasalahan terkait lemahnya kompetensi guru dalam bidang literasi, numerasi, dan penanaman karakter membutuhkan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang berkepentingan di bidang pendidikan. Permasalahan ini juga dirasakan di berbagai satuan pendidikan, tidak terkecuali pada satuan SD di Kecamatan Kediri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pemberdayaan literasi, numerasi dan pendidikan karakter sebagai paraning dumadi peningkatan pembelajaran yang berpihak pada murid di SD Kecamatan Kediri. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu para guru SD di lingkungan Kecamatan Kediri dalam meningkatkan kompetensi pada bidang pembelajaran literasi, dan numerasi. Selain itu, membantu para guru SD di lingkungan Kecamatan Kediri dalam menumbuhkan dan menanamkan pendidikan karakter. Kegiatan pemberdayaan ini diikuti oleh 15 guru dari beberapa SD Negeri di Kecamatan Kediri dan dilaksanakan di ruang serbaguna SD Negeri 2 Nyambu. Pengujian kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru SD di lingkungan Kecamatan Kediri setelah mengikuti kegiatan pemberdayaan dilaksanakan oleh narasumber. Pengujian efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dilakukan oleh 15 guru selama kegiatan pemberdayaan berlangsung. Kegiatan pemberdayaan ini dilaksanakan selama 2 x termin. Hasil uji kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru serta efektivitas kegiatan pemberdayaan dianalisis dengan cara membandingkan hasil tersebut dengan standar kualitas dan efektivitas yang mengacu skala sebelas. Kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru sudah terkategori baik dan efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan juga terkategori efektif.
Referensi
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101. https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/1607/1258
Divayana, D. G. H., Heryanda, K. K., & Suyasa, P. W. A. (2022). Empowerment of Teachers as Evaluators of Asynchronous Learning Based on the Combination of the CSE-UCLA Model with Daiwi Sampad. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(8), 2658–2679. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i8.7800
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102–113. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/958
Hafidhi, N. M., Hanafi, Y., Hadi, S., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar: Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3019–3030. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13690
Harefa, A. R., & Sitanggang, N. (2024). Key Factors in Character Education. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(4), 1876–1887. https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i4.784
Igo, O. P., Laksana, D. N. L., Noge, M. D., & Qondias, D. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika: Studi di SD Inpres Dhereisa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 324–337. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.2857
Keliat, J., Sinuraya, N. K. B., Ginting, Y. V. U. B., Sembiring, K. A. B., & Suka, S. N. B. G. (2025). Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di UPT SD Negeri 063 Aek Nauli II. JMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(5), 1045–1056. https://melatijournal.com/index.php/jmas/id/article/view/680
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 69–88. https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/331/75
Muliastrini, K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3114
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/view/561/338
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/586/500
Pratikno, H., Suhardini, A. D., & Wulansari, A. (2025). Pemberdayaan Guru dalam Peningkatan Literasi Bahasa dan Sastra Anak Melalui Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 6(2), 1–15. https://doi.org/10.22219/janayu.v6i2.33492
Rafiqa, R., Murtafiah, Paris, N., & Hustiana. (2025). Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Melalui Pelatihan Literasi dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 580–591. https://doi.org/10.20956/pa.v9i3.36834
Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355
Sugandini, W., Heryanda, K. K., Sugiarta, I. M., & Divayana, D. G. H. (2024). Fliperentiation Learning Using a Mix of Tat Twam Asi and HOTS-Superitem Logic Based on the Kelase Platform as a Renewable Learning Model. 2024 11th International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 749–755. https://doi.org/10.1109/EECSI63442.2024.10776166
Supadi, S., & Santoso, H. (2021). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sma: (Studi Evaluasi). Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan. 8(2), 1–9. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.21763
Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., & Tesaniloka P, M. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 P. Wayan Arta Suyasa, Dewa Gede Hendra Divayana, Agus Adiarta, I Made Sugiarta, Wayan Sugandini, Ni Ketut Erawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
