PEMBERDAYAAN DISIPLIN POSITIF MELALUI POSISI KONTROL GURU DAN RESTITUSI
Kata Kunci:
Pemberdayaan, Disiplin Positif, Posisi Kontrol Guru, Restitusi, Karakter, Keamanan SekolahAbstrak
Lemahnya kompetensi guru dalam menerapkan disiplin positif dan merosotnya karakter siswa yang ditunjukkan dari meningkatnya kasus perundungan di sekolah menyebabkan menurunnya iklim keamanan sekolah. Permasalahan ini juga dirasakan pada satuan pendidikan dasar, khususnya di tingkat SD di lingkungan Kecamatan Kerambitan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pemberdayaan disiplin positif melalui posisi kontrol guru dan restitusi sebagai upaya meningkatkan karakter dan iklim keamanan sekolah dasar Kecamatan Kerambitan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu para guru SD di lingkungan Kecamatan Kerambitan dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam mencarikan cara untuk menerapkan disiplin positif melalui posisi kontrol guru dan restitusi. Selain itu, membantu para guru mencari cara dalam merancang, menciptakan program pencegahan perundungan sebagai upaya meningkatkan iklim keamanan sekolah. Kegiatan pemberdayaan ini diikuti oleh 15 guru dari beberapa SD Negeri di Kecamatan Kerambitan dan dilaksanakan di ruang serbaguna SD Negeri 2 Penarukan. Pengujian kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru SD di lingkungan Kecamatan Kerambitan setelah mengikuti kegiatan pemberdayaan. Pengujian efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dilakukan oleh 15 guru selama kegiatan pemberdayaan berlangsung. Hasil uji kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru serta efektivitas kegiatan pemberdayaan dianalisis dengan cara membandingkan hasil tersebut dengan standar kualitas dan efektivitas yang mengacu skala sebelas. Kualitas tingkat kemampuan dan pemahaman para guru sudah terkategori sangat baik dan efektivitas pelaksanaan kegiatan pemberdayaan juga terkategori efektif.
Referensi
Divayana, D. G. H., Heryanda, K. K., & Suyasa, P. W. A. (2022). Empowerment of Teachers as Evaluators of Asynchronous Learning Based on the Combination of the CSE-UCLA Model with Daiwi Sampad. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(8), 2658–2679. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i8.7800
Faiz A. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan Moral dan Karakter. Jurnal Education and development, 10(2), 315–318. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3671/2412
Fitriana, M. N. F. A. A., & Fauzi, A. (2023). Analisis Tindak Perundungan Siswa Sekolah Dasar dan Upaya Penanggulangannya. Yustisia Tirtayasa: Jurnal Tugas Akhir, 3(3), 287–295. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/yustisia/article/view/21778/11491
Irvani, A.I., & Hanifah, H.S. (2023). Sosialisasi Penerapan Disiplin Positif Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Garut, 3(1), 394–403.
Juliza, V., Sari, D.E., Destasari, S. M., & Sari, U. P. (2024). Analisis Kurangnya Kedisiplinan dan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 1824–1838. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1140/1009
Kandia, I. W. (2024). Perundungan Dalam Perspektif Hukum Indonesia. IJOLARES: Indonesian Journal of Law Research, 2(1), 20–24. https://doi.org/10.60153/ijolares.v2i1.43
Kuanine, M. H., & Afi, K. E. Y. M. (2023). Upaya Guru Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman Melalui Manajemen Budaya Sekolah Yang Positif. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), 1–14.
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108.
Nurzakiah, H., Amelia, F., & Khamdiallah, K. (2024). Strategi Penerapan Disiplin Positif Untuk Meningkatkan Perilaku Siswa di MTS Ciwedus. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 229–237. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.418
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1565/pdf
Puspitasari, P. (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri Pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/901/376
Putikadyanto, A. P. A., Amin, M. B., & Wachidah, L. R. (2024). Mewujudkan Sekolah Ramah Anak: Implementasi Disiplin Positif dalam Kurikulum Merdeka. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Special Edition: ARAKSA 1, 106–116. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/12766/3932
Saputra, A. S. (2023). Menumbuhkan Disiplin Diri Melalui Disiplin Positif Restitusi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5666–5682. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1367/1086
Setiati, R., & Rugaiyah, R. (2023). Implementasi Supervisi Klinis Terhadap Kualitas Pembelajaran Yang Berpusat Pada Murid. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7205–7209. https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2863/2331
Sugandini, W., Heryanda, K. K., Sugiarta, I. M., & Divayana, D. G. H. (2024). Fliperentiation Learning Using a Mix of Tat Twam Asi and HOTS-Superitem Logic Based on the Kelase Platform as a Renewable Learning Model. 2024 11th International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 749–755. https://doi.org/10.1109/EECSI63442.2024.10776166
Suwanjal, U., & Apriani, R. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Aksi Nyata Di Sekolah Sebagai Bentuk Pendidikan Yang Berpihak Kepada Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro, 5(1), 257–271. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/168
Utami, M. D., Ardilansari, A., Haifaturrahmah, H., Nizaar, M., Rezkillah, I. I., & Julaifah, N. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3(1), 121–128. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16367/pdf
Wardani, S., Asbari, M., & Misri, K. I. (2023). Pendidikan Yang Memerdekakan, Memanusiakan dan Berpihak Pada Murid. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 35–43. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/479/106
Yulianto, H. (2024). Disiplin Positif Pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Filosofi Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 626–637. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/89/129
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dewa Gede Hendra Divayana, P. Wayan Arta Suyasa, Agus Adiarta, Komang Krisna Heryanda, Made Susi Lissia Andayani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
