PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ADAPTIVE LEARNING PADA GURU DI SMAN 2 BANJAR
Kata Kunci:
Adaptive Learning, Pembelajaran, , SMA N 2 Banjar, Evaluasi TAMAbstrak
Proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Banjar masih didominasi oleh pendekatan konvensional yang bersifat seragam, di mana guru berperan sebagai pusat pembelajaran, sedangkan siswa cenderung menjadi penerima informasi pasif. Model ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain: (a) perbedaan kemampuan belajar antar siswa, (b) keterbatasan akses serta waktu belajar, (c) keterbatasan guru dalam melakukan diferensiasi pembelajaran, (d) kurangnya data yang akurat untuk memantau perkembangan siswa, (e) rendahnya keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta (f) ketimpangan kualitas pembelajaran pada wilayah tertentu. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penerapan aplikasi adaptive learning ditawarkan sebagai solusi. Kegiatan ini bertujuan untuk: (a) meningkatkan pemahaman guru dan siswa mengenai konsep serta mekanisme kerja aplikasi adaptive learning, (b) memberikan pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi adaptive learning kepada guru di SMA Negeri 2 Banjar, serta (c) mengevaluasi penerimaan guru terhadap penggunaan aplikasi tersebut dalam pembelajaran. Tahapan pelaksanaan meliputi: analisis masalah dan perumusan solusi, koordinasi dengan mitra, penyampaian materi mengenai konsep dan alur adaptive learning, pelatihan, pendampingan tahap I dan II, evaluasi, penyusunan laporan, serta seminar hasil. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan, diperoleh temuan bahwa aplikasi adaptive learning layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Banjar. Hasil evaluasi dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) menunjukkan tingkat persepsi kemudahan pengguna sebesar 92.69%, persepsi kebermanfaatan 92.83%, dan penerimaan teknologi sebesar 95.63%. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi adaptive learning memberikan manfaat nyata serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Banjar
Referensi
Gede, I., Adi, J., Gede, ), Dantes, R., Kadek, ), & Ernanda, Y. (2019). Adaptive Learning : Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Rangka Optimalisasi Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Bayesian Network 1). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIKI), 4(2).
Made, I., Indrasanjaya, D., Wirawan, A., Ketut, I., & Arthana, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Mobile Dynamic Intellectual Learning (Vol. 6).
Made, I., Wirawan, A., Gede, I., & Darmawiguna, M. (2017). New Concept of Learning Outcomes Assessment in Adaptive Mobile Learning.
Rasben Dantes, G., Ketut Suarni, N., & Gede Sujaya, dan I. (2010). MODEL Dynamic Intellectual Learning (Dil): Pergeseran Paradigma E-Learning Menuju Adaptive Learning. In Konferensi Nasional Sistem dan Informatika.
Suarni, N. K., Dantes, G. R., Pendidikan, J., Konseling, B., & Pendidikan, I. (2012). Implementasi Dynamic Intelectual Learning (Dil) Sebagai Salah Satu Adaptive Learning Model. In Jurnal Sains dan Teknologi | (Vol. 1, Issue 1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Made Agus Wirawan, Made Windu Antara Kesiman, Gede Surya Mahendra, Ni Putu Era Marsakawati, I Nyoman Sukajaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
