PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS DAN PERPUSTAKAAN DIGITAL PAUD UNTUK MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Penulis

  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Vivin Indrawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hamdanul Fain Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pengelolaan Kelas, Perpustakaan Digital, PAUD

Abstrak

Tantangan yang dihadapi oleh lembaga PAUD di Indonesia adalah keterbatasan akses terhadap sumber belajar yang berkualitas dan bagaimana mengelola kelas agar pembelajaran bisa lebih optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada tenaga pendidik PAUD dalam hal pengelolaan kelas yang efektif dan pemanfaatan perpustakaan digital sebagai sumber belajar yang menarik dan relevan dengan kebutuhan anak. Metode kegiatan pada pengabdian masyarakat ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan yang akan melibatkan guru-guru di tiga lembaga TK Negeri Kampung Baru, TK Immanuel dan TK Diponegoro Singaraja. Pelatihan dan pendampingan dipilih untuk memberikan pengalaman, praktik langsung dan pendampingan yang intensif pada guru-guru terkait bagaimana mengelola kelas paud dan menciptakan perpustakaan digital paud yang optimal. Hasil yang didapatkan adalah guru-guru telah mampu mendesain kelas PAUD dengan model sentra yang efektif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dikelas dan telah berhasil membuat situs sekolah dengan google sites yang dapat menjadi media informasi, publikasi dan pengelolaan perpustakaan digital sekolah.

Referensi

Ajeng Irani, H., Ananda, A., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2024). Pemanfaatan sumber belajar digital dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i1.391

Asrofi, M. I., & Masnawati, E. (2024). Peran Kreativitas Dalam Perkembangan Kognitif danSosial Anak. Indonesian Journal of Research and Service Studies, 1(2), 108–114.

Bintang, D. W. P., Pertiwi, A. D., & Azainil, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi pada Proses Pembelajaran di PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 873–884. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.810

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Jambi, U., Info, A., & History, A. (2025). 8015-Article Text-50018-1-10-20250510. 8, 5458–5461.

Jaya, P. A., Subagja, S. R., Atsania, S. N., & Permana, H. (2025). Strategi Manajemen Kelas dalam Membangun Hubungan Harmonis Guru dan Siswa di MTs. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 655–662.

Jurnal, S., Ilmu, R., Budaya, B., Firdaus, A. H., Medistya, Y., & Lestari, T. P. (2025). Tinjauan Kritis Tentang Efektivitas Ekspository Learning dalam Pembelajaran digunakan hingga saat ini karena kemampuannya dalam menyampaikan materi secara langsung Definisi dan Karakteristik Ekspository Learning Hasan et al . ( 2025 ) menjelaskan bahwa ek. 3.

Kesuksesan, A., Mathla, M. I., Mathla, I., Pilar, A., Pilar, M., & Kunci, K. (2024). Peran Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Matha ’ Ul Anwar Pilar. 3(2), 118–131.

Khairiyah, M., & Zulaikha, sri rokhyanti. (2023). Urgency of Collection Development in Early Childhood Libraries. Journal of Education and Humanities, 1(3), 115–122.

Nurahillah, N., Munawar, M., & Muhammad, M. (2025). Tantangan dan Solusi Kepemimpinan di Lembaga PAUD: Menjawab Kebutuhan Pendidikan Modern. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 299–306. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2975

Potensia, J. I. (2021). Kata Kunci: 6(1), 66–77.

Sholikhudin, M. A., & Sa’diyah, H. (2017). Model Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI. Al-Murabbi, 2(2), 291–310.

Susanti, U. V. (2025). Meningkatkan Mutu PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) Melalui Menajemen. Jurnal Edusiana : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 82–89.

Tjiptasari, F. (2022). Perkembangan Perpustakaan Tradisional Menuju Digital. Media Informasi, 31(1), 33–43. https://doi.org/10.22146/mi.v31i1.4575

Zendrato, N. K., & Purwaningtyas, F. (2025). Peran Perpustakaan Anak Kota Gunungsitoli dalam Meningkatkan Literasi Anak. Jurnal Pustaka Budaya, 12(2), 2442–7799. https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025