PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS FUNGSIONAL BAGI REMAJA DI PANTI ASUHAN ANANDA SEVA DHARMA

Penulis

  • Ni Wayan Monik Rismadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Adi Krisna Juniarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Gd Rahayu Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Trika Adi Ana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gde Arys Bayu Rewa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Radita Yuda Pradana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

functional English, interactive method, orphanage

Abstrak

Keterampilan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris merupakan keterampilan esensial bagi remaja untuk
mengakses pendidikan, pekerjaan, dan kesempatan global. Di Panti Asuhan Ananda Seva Dharma, keterbatasan
paparan dan kurangnya instruktur menghambat pembelajaran bahasa Inggris. Untuk menyelesaikan masalah ini,
tim pengabdi melaksanakan program pelatihan dan pendampingan bahasa Inggris fungsional melalui tiga
pertemuan. Materi meliputi bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, ekspresi sosial-emosional, serta
kepercayaan diri terkait pekerjaan, diajarkan melalui kegiatan interaktif seperti permainan, simulasi, latihan, dan
diskusi kelompok. Evaluasi menggunakan observasi partisipan, penilaian kinerja, dan tes akhir. Hasil kegiatan
menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan bahasa Inggris peserta dengan skor rata-rata >85 (kategori
sangat baik). Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi melalui keterlibatan aktif di setiap sesi. Kegiatan
pengabdian ini berhasil meningkatkan keterampilan bahasa Inggris fungsional anak-anak panti sekaligus
memberikan kontribusi nyata bagi kebutuhan pendidikan mereka. Luaran kegiatan berupa laporan akhir, prosiding
seminar nasional, dan video dokumentasi.

Referensi

Ayub, Sadia, and Lubna Ali Mohammed. 2024. “Theories And Instructional Approaches to Speaking and Career Preparation : An Analysis of HEC ’ s Functional English Curriculum at The University Level .” 27(4).

Darong, Hieronimus. 2024. “Unlocking the Potential of Systemic Functional Linguistics for Corrective Feedback in EFL Classroom Interactions.” Proceedings of the 3rd International Conference on Education, Humanities, Health and Agriculture (ICEHHA 2023). doi: 10.4108/eai.15-12-2023.2345635.

Fallon, Gerald, and Natalie Rublik. 2012. “Second-Language Education Policy in Quebec: ESL Teachers’ Perceptions of the Effects of the Policy of English as a Compulsory Subject at the Early Primary Level.” TESL Canada Journal 29(2):58. doi: 10.18806/tesl.v29i2.1100.

Halliday, Michael Alexander Kirkwood. 1973. Explorations in the Functions of Language. London: Edward Arnold.

Ilham, Ilham, Muhammad Hudri, Irwandi Irwandi, Rima Rahmaniah, Hijril Ismail, and Hidayati Hidayati. 2023. “Pendampingan Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Mataram.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(2):1440. doi: 10.31764/jpmb.v7i2.14714.

Lubis, S. L., and F. U. Ritonga. 2023. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Anak Di Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia.” ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian … 2(1):76–82. doi: 10.55123/abdisoshum.v2i1.1473.

Meltareza, Ridma, Detya Wiryany, Ira Aryanti Rasyi Lubis, Rizki Surya Tawaqal, and Ahmad Taufiq Maulana Ramdan. 2022. “English Proficiency Training in Bandung Orphanages.” Inaba of Community Services Journal 1(1):13–24. doi: 10.56956/inacos.v1i1.30.

Nasimova, Muattar. 2022. “Communicative Language Teaching.” Society and Innovations 5. doi: 10.47689/2181-1415-vol3-iss5/s-pp222-228.

Richards, Jack C., and Theodore S. Rodgers. 2014. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge university press.

Sallang, Howes, and Ying-Leh Ling. 2019. “The Importance of Immediate Constructive Feedback on Students’ Instrumental Motivation in Speaking in English.” Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal 1(2):1–7. doi: 10.33258/biolae.v1i2.58.

Sun, Weina. 2023. “The Impact of Automatic Speech Recognition Technology on Second Language Pronunciation and Speaking Skills of EFL Learners: A Mixed Methods Investigation.” Frontiers in Psychology 14(August). doi: 10.3389/fpsyg.2023.1210187.

Warman, Jaka Satria, Vivi Mardian, Laila Suryani, Fina Rahayu Fista, Irwan Irwan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Padang, Fakultas Ilmu Sosial, and Universitas Negeri Padang. 2019. “PROGRAM PELATIHAN PENIGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK PANTI ASUHAN MELALUI.” DINAMISIA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(2):280–85. doi: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304.

Zengaro, Sally, and Franco Zengaro. 2022. “Active Learning, Student Engagement, and Motivation: The Importance of Caring Behaviors in Teaching.” Pp. 66–83 in Handbook of Research on Active Learning and Student Engagement in Higher Education. IGI Global

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025