INTERVENSI LITERASI ADAPTIF BAGI SISWA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN MEMBACA DI SMP KECAMATAN BULELENG

Penulis

  • I Nyoman Jampel Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Aryawan Adijaya Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Wahyu Suwela Antara Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi adaptif, bimbingan individual, keterlambatan membaca, pengabdian masyarakat

Abstrak

Program Buleleng Reading Recovery dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menjawab permasalahan rendahnya kemampuan membaca siswa SMP di Kabupaten Buleleng, di mana lebih dari 400 siswa dari 60 sekolah tercatat mengalami keterlambatan literasi dasar. Permasalahan ini berdampak pada capaian akademik, motivasi belajar, dan kepercayaan diri siswa, sehingga diperlukan intervensi yang terstruktur dan adaptif. Program ini menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi berbasis asesmen awal, bimbingan individual, serta pendampingan guru melalui pelatihan literasi adaptif. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca siswa, dengan mayoritas peserta mencapai kemajuan minimal satu level, serta peningkatan kapasitas guru dalam merancang strategi remedial membaca. Dukungan dari sekolah, perguruan tinggi, dan pemerintah daerah memperkuat keberlanjutan program, sekaligus membuka peluang replikasi di sekolah lain. Dengan demikian, program ini dapat menjadi model praktik baik dalam penanganan keterlambatan membaca di tingkat menengah pertama.

Referensi

Catur, M. S. P., Rahmatika, A., & Oktaria, D. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Preklinik. JIMKI (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia), 6(2), 109–116. http://repository.lppm.unila.ac.id/9533/

Damayanti, L., Nitiasih, P. ., & Santosa, M. . (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP di Kecamatan Tejakula serta Hambatan yang Dihadapi. Konferensi Nasional Guru Dan Inovasi Pendidikan, July.

Esra, M. E. Ş. E., & Sevilen, Ç. (2021). Factors influencing EFL students’ motivation in online learning: A qualitative case study. Journal of Educational Technology and Online Learning, 4(1), 11–22.

Fauzi, C., & Basikin. (2020). The Impact of the Whole Language Approach Towards Children Early Reading and Writing in English. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 87–101. https://doi.org/10.21009/JPUD.141.07

Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 68–82. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 30–41. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018

Himmah, F. (2020). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksplanasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Miftahul Ulum 01 Kepanjen Gumukmas Jember: indonesia. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 39–52.

Khofifah, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Literacy Conditions of Reading, Writing and Calculating for Elementary School Students. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 342–349. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.37429

Khusniyah, N., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107–118.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.V4i1.115

Ramawati, D. D., Syafitri, Y., Pratama, Y. A. J., Sabardila, A., & Sufanti, M. (2021). Penerapan Budaya 5S dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Siswa SMP Negeri 3 Polokarto. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14452

Riyanti, A., Anggaini, M., Tarakan, U. B., & Education, J. (2021). Motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia secara daring di smp. Jurnal Education and Development, 9(3), 521–529.

Rosmawanti, R., Mutaqin, A., & Ihsanudin. (2020). Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Knisley Menggunakan Platform Android sebagai Alternatif Pembelajaran Trigonometri SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. https://doi.org/10.36709/jpm.v12i2.19057

Wijayanti, F. D. (2020). Analisis Kemampuan Membaca dengan Teknik Scanning Siswa Kelas IV SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 108–114. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7859

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025