INOVASI KOPI SIAP SAJI (BREWGO) SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN DAYA SAING UMKM KOPI DESA TIGAWASA
Kata Kunci:
Inovasi Produk, Kopi Siap Saji, UMKM, Desa TigawasaAbstrak
Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian yang meliputi peningkatan keterampilan UMKM, diversifikasi produk, dan penguatan branding. UMKM kopi di Desa Tigawasa, Buleleng, Bali, menghadapi tantangan dalam meningkatkan nilai tambah produk karena masih terbatas pada penjualan kopi dalam bentuk biji atau bubuk. Mitra adalah perajin kopi yang memproduksi kopi hasil masyarakat di Desa Tigawasa. Inovasi produk kopi siap saji BrewGo hadir sebagai solusi strategis untuk memperkuat daya saing UMKM. Program pengabdian ini mengintegrasikan pelatihan produksi, diversifikasi varian rasa, pengembangan desain kemasan, serta penguatan branding melalui media digital. Hasil menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mitra, lahirnya produk kopi siap saji dengan varian rasa, serta terbentuknya identitas merek yang lebih kuat. Pada program pengabdian masyarakat, dihasilkan empat varian rasa kopi siap saji (BrewGo) yang siap dijual, dengan target pasar wisatawan, pendaki, pegawai kantoran yang ada di sekitar kota singaraja.
Referensi
Adi, P., Mulyani, R., Putri, A. N. H., Saputri, C. I., Alfiyah, H., Widyadana, J. R. A., ... & Khabibah, L. N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui pelatihan digital marketing pada UMKM produk pertanian di desa bodag, Madiun, Jawa Timur. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 6(2), 126-132. Doi https://doi.org/10.20961/prima.v6i2.65249
Auliyah, N., Amelia, D. P., & Husain, F. (2025). Perilaku Konsumen Mahasiswa Terhadap Kopi Kemasan. Jurnal Interdisipliner, 1(5), 184-198.
Benito‐Osorio, D., Ángel Guerras‐Martín, L., & Ángel Zuñiga‐Vicente, J. (2012). Four decades of research on product diversification: A literature review. Management decision, 50(2), 325-344. DOI 10.1108/00251741211203597
Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan strategi promosi pada umkm kerajinan souvenir khas palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-43. DOI 10.31960/caradde.v1i1.18
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual branding produk belimbing olahan UMKM Depok melalui desain logo. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 3(02), 199-218. DOI https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Marcella, G. A., & Kriswanto, H. D. (2024). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan kopi sangan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 510-523. DOI https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22116
Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding produk UMKM pempek gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177-185. DOI http://dx.doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252
Nanda, Y., & Nurtjahjadi, E. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Inovasi Produk terhadap Minat Beli Ulang Kopi Bubuk Instan Nescafe di Kota Bandung. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 9(2), 865-871. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1831
Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5(1), 14-26. DOI:10.12928/channel.v5i1.6351
Nuswantoro, B. S., Rohmah, K. L., Rahmawati, D. R., Purwansyah, Y., & Aisya, F. S. R. (2024). Pelatihan Pengembangan Bisnis Melalui Metode Diversifikasi Produk Bagi UMKM. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43-50. DOI:10.55681/swarna.v3i1.1133
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20. DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Purnamasari, I., Soetoro, S., & Yuroh, F. (2018). Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Aren (Studi Kasus Di Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4(2), 718-722. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i2.1625
Ridwan, I., & Wahyudi, D. (2020). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan ikan lele dan diversifikasi produk di umkm mutiara timur. DOI: https://doi.org/10.31850/jdm.v3i2.441
Saputra, T. A., Kunaifi, A., & Azizah, S. (2021). Diversifikasi Produk Pendekatan Islamic Ethic Dalam Meningkatkan Omset Bisnis Retail. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 1-16.
Silaban, P. S. M. (2025). Optimalisasi Potensi Petani Kopi (Ekonomi Lokal) melalui Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Siponjot, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 29-35. DOI: https://doi.org/10.59066/jppm.v4i2.1199
Sondang, S., Pandusaputri, N. A., & Mokodompit, R. B. R. (2024). ADAPTASI TREN PENIKMAT KOPI DARI GENERASI MILENIAL KE GEN Z. Journal of Syntax Literate, 9(8).
DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i8.16001
Sutaguna, I. N. T. (2023). Tigawasa Buleleng Tourism Village Development. Journal of Management, 2(2), 145-149.
Wiriatama, G. N. A., & Andiani, N. D. (2021). Peluang dan tantangan pengembangan souvenir desa wisata berbasis kerajinan lokal. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 2(2), 75-98. DOI:DOI https://doi.org/10.34013/mp.v2i2.397
Yuniti, I. G. A. D., Sukanteri, N. P., Apriada, I. K., Tanggela, A. I., & Senia, M. K. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Produk Lokal untuk Kelompok PKK dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 193-201. DOI:
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Made Ary Widiastini, Ni Nyoman Mestri Agustini, I Putu Gede Diatmika, Made Aristia Prayudi, I Gede Putra Nugraha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
