INOVASI KOPI SIAP SAJI (BREWGO) SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN DAYA SAING UMKM KOPI DESA TIGAWASA

Penulis

  • Ni Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Mestri Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Gede Diatmika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Aristia Prayudi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Putra Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Inovasi Produk, Kopi Siap Saji, UMKM, Desa Tigawasa

Abstrak

Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian yang meliputi peningkatan keterampilan UMKM, diversifikasi produk, dan penguatan branding. UMKM kopi di Desa Tigawasa, Buleleng, Bali, menghadapi tantangan dalam meningkatkan nilai tambah produk karena masih terbatas pada penjualan kopi dalam bentuk biji atau bubuk. Mitra adalah perajin kopi yang memproduksi kopi hasil masyarakat di Desa Tigawasa. Inovasi produk kopi siap saji BrewGo hadir sebagai solusi strategis untuk memperkuat daya saing UMKM. Program pengabdian ini mengintegrasikan pelatihan produksi, diversifikasi varian rasa, pengembangan desain kemasan, serta penguatan branding melalui media digital. Hasil menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mitra, lahirnya produk kopi siap saji dengan varian rasa, serta terbentuknya identitas merek yang lebih kuat. Pada program pengabdian masyarakat, dihasilkan empat varian rasa kopi siap saji (BrewGo) yang siap dijual, dengan target pasar wisatawan, pendaki, pegawai kantoran yang ada di sekitar kota singaraja.

Referensi

Adi, P., Mulyani, R., Putri, A. N. H., Saputri, C. I., Alfiyah, H., Widyadana, J. R. A., ... & Khabibah, L. N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui pelatihan digital marketing pada UMKM produk pertanian di desa bodag, Madiun, Jawa Timur. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 6(2), 126-132. Doi https://doi.org/10.20961/prima.v6i2.65249

Auliyah, N., Amelia, D. P., & Husain, F. (2025). Perilaku Konsumen Mahasiswa Terhadap Kopi Kemasan. Jurnal Interdisipliner, 1(5), 184-198.

Benito‐Osorio, D., Ángel Guerras‐Martín, L., & Ángel Zuñiga‐Vicente, J. (2012). Four decades of research on product diversification: A literature review. Management decision, 50(2), 325-344. DOI 10.1108/00251741211203597

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan strategi promosi pada umkm kerajinan souvenir khas palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-43. DOI 10.31960/caradde.v1i1.18

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual branding produk belimbing olahan UMKM Depok melalui desain logo. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 3(02), 199-218. DOI https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Marcella, G. A., & Kriswanto, H. D. (2024). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan kopi sangan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 510-523. DOI https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22116

Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding produk UMKM pempek gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177-185. DOI http://dx.doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252

Nanda, Y., & Nurtjahjadi, E. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Inovasi Produk terhadap Minat Beli Ulang Kopi Bubuk Instan Nescafe di Kota Bandung. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 9(2), 865-871. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1831

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5(1), 14-26. DOI:10.12928/channel.v5i1.6351

Nuswantoro, B. S., Rohmah, K. L., Rahmawati, D. R., Purwansyah, Y., & Aisya, F. S. R. (2024). Pelatihan Pengembangan Bisnis Melalui Metode Diversifikasi Produk Bagi UMKM. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43-50. DOI:10.55681/swarna.v3i1.1133

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20. DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Purnamasari, I., Soetoro, S., & Yuroh, F. (2018). Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Aren (Studi Kasus Di Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4(2), 718-722. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i2.1625

Ridwan, I., & Wahyudi, D. (2020). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan ikan lele dan diversifikasi produk di umkm mutiara timur. DOI: https://doi.org/10.31850/jdm.v3i2.441

Saputra, T. A., Kunaifi, A., & Azizah, S. (2021). Diversifikasi Produk Pendekatan Islamic Ethic Dalam Meningkatkan Omset Bisnis Retail. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 1-16.

Silaban, P. S. M. (2025). Optimalisasi Potensi Petani Kopi (Ekonomi Lokal) melalui Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Siponjot, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 29-35. DOI: https://doi.org/10.59066/jppm.v4i2.1199

Sondang, S., Pandusaputri, N. A., & Mokodompit, R. B. R. (2024). ADAPTASI TREN PENIKMAT KOPI DARI GENERASI MILENIAL KE GEN Z. Journal of Syntax Literate, 9(8).

DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i8.16001

Sutaguna, I. N. T. (2023). Tigawasa Buleleng Tourism Village Development. Journal of Management, 2(2), 145-149.

Wiriatama, G. N. A., & Andiani, N. D. (2021). Peluang dan tantangan pengembangan souvenir desa wisata berbasis kerajinan lokal. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 2(2), 75-98. DOI:DOI https://doi.org/10.34013/mp.v2i2.397

Yuniti, I. G. A. D., Sukanteri, N. P., Apriada, I. K., Tanggela, A. I., & Senia, M. K. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Produk Lokal untuk Kelompok PKK dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 193-201. DOI:

https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v5i1.271

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025