PELATIHAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS MEANINGFUL LEARNING BAGI GURU SD GUGUS VI KUBUTAMBAHAN
Kata Kunci:
etnopedagogi, literasi numerasi, pembelajaran matematika, guru sekolah dasarAbstrak
Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan serius dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Kondisi ini juga ditemukan di Gugus VI Kecamatan Kubutambahan, di mana guru masih cenderung menggunakan metode konvensional yang kurang mengaitkan konsep matematika dengan konteks budaya lokal. Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan dan pendampingan pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnopedagogi. Kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, penyusunan modul ajar, serta pendampingan implementasi di kelas dengan pendekatan andragogi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman guru, keterampilan merancang perangkat ajar kontekstual, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Pendekatan etnopedagogi terbukti efektif mewujudkan pembelajaran yang lebih bermakna sekaligus memperkuat literasi numerasi siswa. Program ini dapat menjadi model replikasi penguatan kapasitas guru yang relevan dengan kurikulum merdeka dan kearifan lokal.
Referensi
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25. https://matematika.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927
Astutiningtyas, E. L. (2017). Ethno-Module Kombinatorik dan Kesadaran Metekognitif. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 47. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1324
Brandt, A., & Chernoff, E. (2015). Pentingnya etnomatematika di kelas matematika. Ohio Jurnal Matematika Sekolah, 71, 31–36.
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Klarita, E. N., & Syafi’ah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 568–574.
Musliha, & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah Ethnomathematics at the sumur purbakala Kaliwadas Village of Cirebon and relationship with mathematics learning in school. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/15714
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Realistik, 05(02), 1–12. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11405
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Pulungtana, J. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 146. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i1.24672
Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 11–19.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Made Suarjana, I Wayan Widiana, Dewa Gede Firstia Wirabrata, I Gede Wahyu Suwela Antara, I Wayan Suantara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
