PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI EDUKATIF INTERAKTIF MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU-GURU

Penulis

  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suandi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Martha Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi digital, aplikasi edukasi interaktif, kompetensi guru, pembelajaran inovatif, pengabdian kepada masyarakat

Abstrak

Penelitian ini menyajikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kalibukbuk, Buleleng, yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam literasi digital dan pemanfaatan aplikasi edukasi interaktif. Laporan ini berawal dari permasalahan utama, yaitu kesenjangan antara pesatnya kemajuan teknologi dan kemampuan guru dalam mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran. Meskipun sekolah memiliki infrastruktur dan guru yang termotivasi, praktik pengajaran dengan teknologi masih belum optimal. Metodologi yang digunakan mencakup enam tahapan sistematis: perencanaan, pelatihan, pendampingan, monitoring, evaluasi, dan diseminasi. Pelatihan ini secara khusus menargetkan 15 guru dengan pendekatan yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis, bukan hanya pengetahuan teoretis. Pelatihan luring tersebut dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dan, secara tidak langsung, meningkatkan literasi digital siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kompetensi pedagogis dan kepercayaan diri guru dalam menggunakan aplikasi edukasi interaktif. Peningkatan ini berdampak positif pada perubahan ekosistem pembelajaran di sekolah, yang menjadi lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Meskipun demikian, keberlanjutan program menjadi tantangan krusial yang memerlukan dukungan institusional dan komitmen berkelanjutan dari pihak sekolah. Program PkM ini tidak hanya memberikan solusi lokal, tetapi juga berkontribusi pada ranah akademis dengan menghasilkan model intervensi yang dapat direplikasi di sekolah lain.

Referensi

Najib MA, Maunah B. Inovasi Pendidikan di Era Digital [Internet]. Vol. 10, Manajemen Pendidikan Islam. 2022. 1–17 p. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/INOVASI_PENDIDIKAN_SEKOLAH_DASAR_DI_ERA/lrvlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Inovasi+Pendidikan%2BKristiawan,+M&pg=PA171&printsec=frontcover

Hetilaniar, Rokhman F, Pristiwati R. Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. J Pembahsi (Pembelajaran Bhs Dan Sastra Indones. 2023;13(1):44–54.

Ramdhani MF, Pratama BS, Rachmat IF. Peningkatan Literasi Digital pada Anak Usia Dini dalam Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGS 2030. J Sade Publ Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sos [Internet]. 2024;2(2):304–15. Available from: https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.872

Fahman Z. Social Studies in Education Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital : Peluang dan Tantangan. 2024;02(02):191–206.

Pahlevi R, Mulyati S. Analisis Pengaruh Elemen Gamifikasi pada Aplikasi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Abstrak. 2025;6(1):174–86.

Naufal HA. Literasi Digital. Perspektif. 2021;1(2):195–202.

Nugraha D. Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. J Basicedu. 2022;6(6):9230–44.

Astuti SI, Prananingrum EN, Rahmiaji LR, Nurhajati L, Lotulung L, Kurnia N. Budaya Bermedia Digital [Internet]. Modul: BUDAYA BERMEDIA DIGITAL. 2021. 2 p. Available from: https://literasidigital.id/buku

Munawir M, Rofiqoh A, Khairani I. Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. J AL-AZHAR Indones SERI Hum [Internet]. 2024;9(1):63–71. Available from: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Mulyadi A. Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Siswa Sekolah Dasar di UPTD SD Negeri Dlambah Laok 2 Tanah Merah. 2025;3(3):136–46.

Pakudu R. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Quiziz Development of Interactive Learning Media Based on Quizizz Games. J Educ Cult. 2024;04:2024.

Yogi Fernando, Popi Andriani, Hidayani Syam. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS J Inspirasi Pendidik. 2024;2(3):61–8.

Muhammad Ilyas Alkayisy, Izzatun Najiha IR. Pendidikan Sains dan Teknologi Berbasis Teori Konektivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Dar El Ilmi J Keagamaan, Pendidik dan Hum [Internet]. 2023;10(2):85–102. Available from: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/4562/2565

Asiba WP. Pentingnya Teknologi bagi Guru pada Masa Pandemi Covid 19. OSF Prepr [Internet]. 2021;1(1):1–9. Available from: https://osf.io/345zu

Purba AZ, Ain SQ. Peran Guru dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. 2024;13(001):1–10.

Wiyogo W, Ahmad Eko Suryanto, Langlang Buana Wijaksono. Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran. Steam Eng. 2021;3(1):9–18.

Fika Aulia Putri, Jefriman Akmal, Gusmaneli Gusmaneli. Prinsip-prinsip dan Teori-teori belajar dalam Pembelajaran. J Budi Pekerti Agama Islam. 2024;2(2):332–49.

Malikah S, Fauziati E, Maryadi M. Perspektif Connectivisme terhadap Pembelajaran Daring Berbasis Google Workspace For Education. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2022;4(2):2050–8.

Rais R, Dacholfany MI, Rukmana AY, Mesra R, Saleh F, Helmi D, et al. Pengembangan Perencanaan Program Pendidikan. 2023. 205 p.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025