PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI GURU PENDIDIKAN NON FORMAL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

e-learning,, pembelajaran digital,, learning management system

Abstrak

Pembelajaran berbasis e-learning menawarkan inovasi dalam proses belajar mengajar dengan menghadirkan materi dalam format yang lebih interaktif, dinamis, dan fleksibel. Melalui penggunaan video, kuis, forum, maupun simulasi digital, peserta didik tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga terdorong untuk lebih aktif dan termotivasi. Hasil observasi di SKB Kabupaten Buleleng menunjukkan pemanfaatan e-learning masih sangat rendah. Berdasarkan dari hasil observasi tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SKB Kabupaten Buleleng dalam memanfaatkan e-learning. Khalayak sasaran yang dilibatkan dalam pelatihan ini sebanyak 20 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, diskusi tanya jawab, dan praktik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pelatihan adalah lembar observasi dan rubrik penilaian produk. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelatihan diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta pelatihan diketahui melalui hasil analisis skor pretest dan posttest. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta tentang memanfaatkan e-learning dari rerata skor pretest 72 dan rerata skor posttest 91,50. Kualitas e-learning yang dimanfaatkan oleh guru berada pada kategori baik.

Referensi

Ahmed, U., Ismail, A. I., Fati, M., & Akour, M. A. (2024). E-Learning during COVID-19: Understanding the Nexus between Instructional Innovation, E-Psychological Capital, and Online Behavioural Engagement. Management in Education, 38(3). https://doi.org/10.1177/08920206211053101

Budiarto, M. K., Asrowi, Gunarhadi, R., Karsidi, R., & Rahman, A. (2024). E-Learning Platform for Enhancing 21st Century Skills for Vocational School Students: A Systematic Literature Review. Electronic Journal of e-Learning, 22(5). https://doi.org/10.34190/ejel.22.5.3417

Chenari, M. U., Sarvestani, M. S., Azarkhavarani, A. R., Izadi, S., & Cirella, G. T. (2024). Enhancing E-learning in Higher Education: Lessons Learned from the Pandemic. E-Learning and Digital Media. https://doi.org/10.1177/20427530241268433

Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The Role of E-Learning Infrastructure and Cognitive Competence in Distance Learning Effectiveness During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1). https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474

Hariyanto, D., Yatmono, S., Khairudin, M., & Köhler, T. (2023). Students E-Learning Readiness Towards Education 4.0: Instrument Development and Validation. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v12i3.51798

Nair, M. S., Nair, J., & Chellasamy, A. (2024). The Impact of the COVID-19 Pandemic on E-Learning Adoption in an Emerging Market: A Longitudinal Study Using the UTAUT Model. Journal of Asia Business Studies. https://doi.org/10.1108/JABS-07-2024-0373

Octaviani, F., & Siagian, I. (2024). Inovasi Pembelajaran dalam Memanfaatkan Teknologi Digital Aplikasi dan Platform E-Learning. Journal on Education, 7(1), 2861–2869. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6876

Yuan, J., Qiu, X., Wu, J., Guo, J., Li, W., & Wang, Y.-G. (2024). Integrating Behavior Analysis with Machine Learning to Predict Online Learning Performance: A Scientometric Review and Empirical Study. arXiv preprint. https://arxiv.org/abs/2406.11847

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025