WORKSHOP INTERAKTIF SINERGI PARHYANGAN, PAWONGAN, DAN PALEMAHAN DALAM DIRI UNTUK KEHIDUPAN BERKELANJUTAN

Penulis

  • I Gusti Putu Suharta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suweken Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Puja Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Parwati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Parhyangan, Pawongan, Palemahan, Kehidupan berkelanjutan

Abstrak

Anak-anak Panti Asuhan Udyana Wiguna, sering kali menghadapi tantangan seperti tidak percaya diri, keterampilan sosial, ataupun kemampuan beradaptasi. Sebagai bagian dari generasi muda, mereka juga perlu memahami peran aktif dalam menjaga lingkungan dan mengembangkan kesadaran spiritual sebagai penyeimbang kehidupan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk : (1) memperkuat kemampuan pengelolaan emosi dan spiritualitas (Parhyangan), (2) meningkatkan keterampilan komunikasi, empati, dan kerja sama (Pawongan), (3) menumbuhkan kepedulian lingkungan (Palemahan). Metode kegiatan ini adalah Participatory Assessment and Planning (PAP). Pelaksanaan kegiatan dalam bentuk workshop interaktif berkaitan dengan sinergi aspek-aspek Tri Hita Karana. Hasil kegiatan ini adalah telah mencapai tujuan dengan sangat baik. Keberhasilan pada aspek Parhyangan memperkuat spiritualitas, aspek Pawongan meningkatkan keharmonisan sosial, dan aspek Palemahan menumbuhkan kepedulian lingkungan, Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan keharmonisan hidup anak-anak panti asuhan sesuai dengan filosofi Tri Hita Karana, sekaligus menjadi pijakan penting dalam pengembangan diri untuk kehidupan berkelanjutan.

Referensi

Arthana, I. K. (2020). Tri Hita Karana dan Pendidikan Lingkungan di Bali. Jurnal Kajian Bali.

Bawa Atmadja. Wacana Postgenerik terhadap Tri Hita Karana pada Masyarakat Bali.Depok. Rajawali Press,2020.

Dharma, N. (2021). Profil Anak Panti Asuhan di Denpasar: Tantangan dan Peluang. Laporan Penelitian Udayana.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2023 tentang Statuta Universitas Pendidikan Ganesha

Suaryana, I. N. (2018). Filosofi Tri Hita Karana dalam Kehidupan Masyarakat Bali. Denpasar: Pustaka Bali.

UNICEF. (2020). Life Skills Education for Vulnerable Children. New York: UNICEF Press.

Undiksha.(2023). RPJM PTN-BH Undiksha 2025-2029. Singaraja

Wiana, I Ketut. (2027). Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. https://perpustakaan.iahntp.ac.id:443/images/docs/79_2011_trihita_karana_menurut_konsep_hindu_kt_wiayana.jpg.jpg (diakses, 14 April 2025)

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025