PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN BERBASIS BALINESE BRANDING CULTURE DI DESA NGIS-KARANGASEM

Penulis

  • I Gusti Ayu Purnamawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Sari Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Elly Herliyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Supir Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Landrawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

BUMDes, manajemen, pemasaran, UMKM, Keuangan

Abstrak

PkM Desa Binaan ini terselenggaran berdasarkan hasil koordinasi antara tim pengabdi dengan mitra Pemerintah Desa Ngis Manggis, bahwa Desa Ngis Manggis sedang menggalakkan program peningkatan kualitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan UMKM. Hasil penelusuran tim pengabdi, permasalahan ini terjadi karena UMKM selama ini terkendala akses modal, pelatihan, pemasaran, dan infrastruktur yang belum sepenuhnya mendukung UMKM kerajinan. PkM Desa Binaan ini bertujuan meningkatkan penatakelolaan BUMDes dan UMKM Desa Ngis Manggis melalui pelatihan dan pendampingan berdasarkan distribusi potensi dan relokasi pemanfaatan bagi peningkatan kesejahteraan.Tahapan pelaksanaan program, meliputi: pelatihan, pendampingan dan evaluasi program. Hasilnya, UMKM dan BUMDes di Desa Ngis kini mampu memasarkan produk secara lebih profesional, serta membangun branding digital yang lebih menarik dan berdaya saing. Mitra UMKM dan pengurus BUMDes kini memiliki keterampilan dasar yang lebih kuat dalam tata kelola usaha. Mereka mampu menyusun laporan keuangan bulanan, memahami pentingnya pencatatan inventaris, dan kelembagaan dalam menjalankan bisnis.

Referensi

Amir, M., Ibrahim, H., & Bakri, S. (2025). Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Program Desa Binaan di Kabupaten Pangkep. Agricultural Review, 4(2), 54–63. https://doi.org/10.37195/arview.v4i2.1354

Desa Ngis. (2025). Demografi Penduduk Desa Ngis Manggis. Desa Ngis Kabupaten Karangasem. https://desangis.id/infografis/penduduk

Karenina, M., Rizki, M. N., Pamungkas, D. P. P., Putra, W. A., Elizabeth, J. D., & Wibowo, A. A. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Kopi Di Desa Sukorejo Kabupaten Bondowoso. PIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 72–80.

Malaikosa, Y. M. L., Ghozali, M. A., Kholidya, C. F., Widyaswari, M., Fitria, R. N., & Pramana, A. (2024). Penguatan Kapasitas Potensi BUMDes melalui Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 72–82. https://doi.org/10.37567/pkm.v4i2.3153

Pemerintah Desa Ngis Kabupaten Karangasem. (2025). Desa Kecil Lestari Di Selatan Karangasem. Profil Desa Ngis Kabupaten Karangasem. https://desangis.id/profil

Purnamawati, I. G. A., Permana, A. J., & Herliyani, E. (2024). Peningkatan Value Added Sentra Kerajinan Tenun Ikat Endek dengan Penerapan Smart Ecodigital melalui Sistem Akuntansi Terintegrasi Menuju UKM Mandiri di Desa Gelgel Klungkung-Hibah PKM DRTPM Skim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat. sinta.kemdikbud.go.id

Purnamawati, I. G. A., & Yuniarta, G. A. (2021). Perekonomian Indonesia (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Purnamawati, I. G. A., Yuniarta, G. A., & Herliyani, E. (2021). Pemulihan Sosial Ekonomi Dan Kebertahanan Masyarakat Di Desa Selat Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Berkelanjutan. Proceeding Senadimas Undiksha, 152–157.

Purnamawati, I. G. A., Yuniarta, G. A., & Herliyani, E. (2023). Peningkatan Kemandirian Ekonomi Dan Finansial Masyarakat Dalam Program Desa Binaan Untuk Mewujudkan Inclusive Community Di Desa Wisata Sudaji. Proceeding Senadimas Undiksha, 44–48.

Rosyid, A. F., & Wahid, A. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Desa Binaan LAZISNU Jember. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 184–199.

Rosyidi, R. A., Dito, M. D., Hakiki, A., Wibowo, M. L., Husaini, F., & Fianto, B. A. (2025). Peran Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Produk UMKM. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 3(3), 113–128. https://doi.org/10.61132/santri.v3i3.1461

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025