PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYENANGKAN DENGAN GAMIFIKASI ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN APRESIASI BUDAYA LOKAL DI SD N 1 PANJI
Kata Kunci:
Gamifikasi, etnomatematika, Pembelajaran matematika menyenangkanAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mewujudkan pembelajaran matematika menyenangkan di jenjang Sekolah Dasar. Gamifikasi dipilih sebagai strategi karena mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, menantang, dan menyenangkan. Sedangkan etnomatematika digunakan untuk memberikan makna bahwa matematika hadir pada kehidupan masyarakat. Perpaduan gamifikasi berbasis etnomatematika sesuai karakteristik siswa Sekolah Dasar yang perlu belajar matematika dengan cara yang konkret dan menyenangkan. Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan guru, praktek penyusunan gamifikasi berbasis etnomatematika, simulasi dan demonstrasi, serta pendampingan dalam penerapan di kelas. Hasil pelatihan menunjukkan: 1) respon guru terhadap pelatihan sangat tinggi dengan kehadiran 100% dan guru sangat berpartisipasi aktif serta antusias dalam pelatihan; 2) guru berhasil merancang dan mengimplementasikan gamifikasi berbasis etnomatematika kepada siswa; 3) siswa menunjukan sikap antusias dan termotivasi dengan pembelajaran gamifikasi berbasis etnomatematika yang diterapkan guru; 4) hasil angket respon guru terhadap kegiatan pelatihan termasuk ke kategori sangat positif yaitu dengan persentase 90,25%.
Referensi
Aditya Perdana, I. P., & Debora Valentina, T. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. JurnalIlmiahIndonesia, 7. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10417
Akbar, H., & Ndia, L. (2025). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 13(1). https://doi.org/10.36709/jppm.v13i1.50098
Bintang Rizky, V., Nasution, A. T., Kunci, K., Etnomatematika, :, Belajar, M., & Dasar, S. (2024). Model Pembelajaran Etnomatematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUCOFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i1.11398
Dwanda Putra, L., Hidayat, F. N., Izzati, I. N., & Ramadhan, M. A. (2024). Penerapan Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kolaborasi pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education, 4(3), 2775–4138.
Fatimah, S., Zulfi Fajriyah, R., Fatimah Zahra, F., & Prasetyo, S. P. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berbasis Kesenian Tari Budaya Lampung. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1631. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3721
Fattah Nasution, A., Amelia, Parlindungan, soleh, & Zuchairunnisa. (2024). Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. InspirasiPendidikan, 2, 07–18. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/alihris.v2i2.719
Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 27–40. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2591
Laimeheriwa, D. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong Devianti Laimeheriwa. Jurnal PETISI, 6(1).
Leonangung, A., Saiman, M., & Nasar, I. (2021). Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Teachers And Learning Motivation Of Elementary Students). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Mochamad, A., Utomo, E., & Widyaningrum, R. (2024). Gamifikasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.21009/JPI.071.06
Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (1995-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. http://jurnaledukasia.org
Nurniyati, T., Djafar, S., S, P., & Nurdin, N. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 1981–1993. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3526
Parwati, N. Nyoman., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Grafindo Persada.
Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Jurnal Intersections, 7(2).
Reza Lestari, Habibi, & Syaiful Bastari. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.58222/jurip.v3i1.777
Rizqiyati, I., & Wardani, A. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 634–638. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Rojabi, M. A., & Wang, G. (2024). Gamification to Increase Interest in Learning Mathematics. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 44–49. https://doi.org/10.21009/JPI.071.05
Satriawan, R., & Abdullah. (2025). Efektivitas Gamifikasi dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Mahasiswa di Universitas Hamzanwadi. Journal Scientific of Mandalika (Jsm), 6(2).
Serepinah, M., Maksum, A., Nurhasanah, N., Program, P.-P., & Dasar, U. (2023). The Analysis Of Traditional Local Culture Based Ethnomathematics Studies From The Perspective Of Multicultural Education. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13, 148–157.
Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). KUALITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50.
Srimuliyani. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan.
Sukma Melati, C., & Susanto, R. (2023). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas rendah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8, 144–150. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/023224jpgi0005
Wardani, H. K. (2022). PEMIKIRAN TEORI KOGNITIF PIAGET DI SEKOLAH DASAR. Khazanah Pendidikan, 16(1), 7. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12251
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kadek Ayu Mutiara Pratiwi, I Putu Wisna Ariawan, I Wayan Puja Astawa, Putu Kartika Dewi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
