PELATIHAN MANAJEMEN FILE BERBASIS CLOUD DAN DIGITALILASI DOKUMEN UNTUK PERSIAPAN AKREDITASI

Penulis

  • Agus Aan Jiwa Permana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Kertiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Hendra Suputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Marti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Manajemen File, , Digitalisasi dokumen, , Akreditasi, , Cloud

Abstrak

Dalam menghadapi tuntutan akreditasi, sekolah ingin memiliki dokumentasi administrasi yang lengkap, rapi, dan mudah diakses. Namun, di lapangan, banyak sekolah binaan masih mengelola dokumen secara manual, sehingga rawan kehilangan data, sulit dicari, dan menyulitkan saat proses verifikasi. Atas dasar hal tersebut, dilaksanakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru dan tenaga kependidikan dalam mengelola dokumen digital secara efektif untuk mendukung persiapan akreditasi sekolah. Pelaksanaan program ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pelatihan penggunaan platform cloud storage (seperti Google Drive atau OneDrive), pelatihan dan pendampingan digitalisasi dokumen menggunakan perangkat mobile dan aplikasi scanner, pembuatan folder dokumen akreditasi yang terstruktur dan sistematis. Metode yang digunakan berupa workshop tatap muka, praktik langsung, diskusi interaktif, dan pendampingan intensif di masing-masing sekolah mitra. Dengan pendekatan ini, diharapkan peserta tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu langsung menerapkan keterampilan digital dalam manajemen arsip mereka sehari-hari. Pelaksanaan berjalan lancar dengan jumlah peserta 36 Orang.

Referensi

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). (2020). Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP). Jakarta: BAN-S/M; 2020.

Susilawati M, Supriatna N. (2021).Kesiapan Sekolah Dasar dalam Implementasi Manajemen Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.6(2):155-163.

Hartanto R, Maulida F. (2020). Penerapan Cloud Computing untuk Manajemen Arsip Digital di Lembaga Pendidikan. Jurnal Teknologi dan Pendidikan.8(1):45-52.

Putri RY, Adiyarta K.( 2021). Pengaruh Penggunaan Cloud Storage terhadap Efisiensi Manajemen Administrasi Sekolah. Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Pendidikan.5(1):1-8.

Suryani N, Nurhadi D, Pratiwi ER.(2020).Digital Literacy Among Teachers: Opportunities and Challenges in the Digital Era. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan.13(2):1-8.

Putri RY, Adiyarta K.(2021;5). Pengaruh Penggunaan Cloud Storage terhadap Efisiensi Manajemen Administrasi Sekolah. Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Pendidikan. (1):1-8.

Suryani N, Nurhadi D, Pratiwi ER.(2020). Digital Literacy Among Teachers: Opportunities and Challenges in the Digital Era. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. 13(2):1-8.

Putra A.(2020). Implementasi Pendekatan Persuasif dalam Program Pengembangan Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat. 10(1):25-30.

Suryani N. (2019).Metode Wawancara dalam Pengumpulan Data pada Program Pengabdian Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(2):99-104.

Dewi L.(2020). Pengaruh Sosialisasi Teknologi pada Sekolah Dasar di Daerah Perdesaan. Jurnal Teknologi dan Pendidikan. 7(1):75-80.

Susilawati M.(2021). Pentingnya Pelatihan Teknologi untuk Peningkatan Kinerja Guru dalam Digitalisasi Administrasi. Jurnal Pendidikan Teknologi. 6(3):48-55.

Hartanto R.(2020). Evaluasi Program Digitalisasi Dokumen di Sekolah: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 8(2):123-130.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025