PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF DAN EDUKASI KESEHATAN
Kata Kunci:
pembelajaran kreatif, kompetensi guru, edukasi kesehatan, sekolah binaanAbstrak
Program Pendampingan dan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Kreatif serta Edukasi Kesehatan untuk Sekolah Binaan Inovatif dilaksanakan untuk menjawab permasalahan rendahnya penerapan strategi pembelajaran inovatif di kalangan guru SMP di Singaraja. Kegiatan ini berlangsung selama delapan bulan di tiga sekolah mitra, yaitu SMP Muhammadiyah 2 Singaraja, SMP Laboratorium Undiksha, dan SMP Negeri 6 Singaraja. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi dengan fokus pada penerapan Project-Based Learning (PBL), Inquiry-Based Learning, serta integrasi kerangka TPACK dalam desain pembelajaran. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi guru, di mana 90% peserta mengalami peningkatan pemahaman melalui post-test, serta mampu menghasilkan perangkat ajar kreatif berupa RPP, media digital interaktif, dan asesmen autentik. Integrasi edukasi kesehatan juga memperkuat kemampuan guru dalam menyampaikan topik kesehatan yang relevan dan aplikatif. Dengan demikian, program ini berhasil mendukung peningkatan mutu pendidikan serta membangun sekolah binaan yang inovatif.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives: complete edition. Addison Wesley Longman, Inc.
Anggraini, D. P., Rambe, N., Priyatna, R. D., Lubis, E. L. S., & Purba, A. (2025). Edukasi Penggunaan Teknologi Untuk Pembelajaran Siswa SMP dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 4(2), 11–18.
Hasiana, I., & Pitasari, M. A. R. (2025). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Taksonomi Bloom dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal on Education (IJoEd), 1(4), 411–417.
Hudzaifa, T. N., Putri, S. A., & Mirajiani, M. (2023). Penerapan program penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dalam meningkatkan derajat kesehatan siswa di sekolah dasar negeri kadumaneuh kabupaten pandeglang. Jurnal Pengabdian Dinamika, 10(2), 1–12.
Issalillah, F., Masnawati, E., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Azizah, F., Mamesah, D. A., Jaatsiyah, A. E., & Halizah, S. N. (2024). Strategi Kolaboratif dalam Pengembangan Lingkungan Pembelajaran Kreatif. Jurnal Pendidikan, Penelitian, Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 49–62.
Mardlatillah, S. D., & Sa’adah, N. (2022). Model pembelajaran yang menyenangkan berbasis gaya belajar pada peserta didik. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 45–55.
Miftah, A., Hafsah, H., & Isnaini, I. (2025). Kolaborasi Mahasiswa dan Guru dalam Program Kampus Mengajar Melaui Pelatihan Bersama di SMPK Swadaya Tuakepa Flores Timur NTT. Community Service Journal, 1(02), 38–48.
Organization, W. H. (2020). Laboratory testing for 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) in suspected human cases: Interim guidance, 17 January 2020. World Health Organization.
Paramartha, W. E., Dharsana, I. K., & Syah, M. J. (2024). Penguatan Literasi Digital Dan Kesehatan Mental Pada Guru Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 1228–1235.
Rahman, A. (2025). Strategi Transformasi Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Di Perguruan Tinggi Kabupaten Bone. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 5(1 Special Issues), 97–106.
Ritonga, D., & Napitupulu, S. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Education & Learning, 4(1), 38–45.
Umar, H., & Masnawati, E. (2024). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan identitas remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 191–204.
Yasin, M., Ikhsan, M., Hawa, E., & Nadila, A. D. (2024). Peran Guru Sebagai Agen Perubahan di Sekolah Dan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (Sinova), 2(3), 279–288.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Wayan Eka Paramartha, I Ketut Dharsana, Moh Jafron Syah, Septia Rahmawati, Rindhi Marverissa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
