PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA BAGI GURU MATEMATIKA MTS KOTA BANDUNG

Penulis

Kata Kunci:

Aplikasi GeoGebra, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat peningkatan guru matematika dalam pengembangan media dengan media aplikasi GeoGebra. Metode pelatihan yang dikembangkan dalam pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama peserta diberikan penguatan materi Media Pembelajaran dalam Matematika, TIK dalam pembelajaran matematika dengan Aplikasi GeoGebra. Tahap kedua pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan GeoGebra. Tahap ketiga persentasi hasil penembangan. Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya perubahan kemampuan peserta dalam pemahaman tentang media dan pengembangannya. Hal ini dapat dilihat secara deskriptif dari rata-rata pre tes 7,45 dan postes 14,05 (SMI 20). Dari angket evaluasi kegiatan diperoleh bahwa materi kegiatan sangat sesuai (84,2%) dengan tema kegiatan, serta peserta pada uumnya (71,1%) berpendapat materi pelatihan sangat berkaitan dengan kebutuhan mengajar matematika.

Referensi

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) metodologi alternatif riset dan pengabdian kepada masyarakat transformatif. Disampaikan dalam kegiatan Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tanggal 22 Pebruari 2020.

Afifah, Kurniaman, & Noviana. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33-42, https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Amrullah, A., Salsabila, N. H., Junaidi, J., Hapipi, H., & Prayitno, S. (2021). Pelatihan Geogebra sebagai media pembelajaran Matematika pada guru-guru SMP di Kota Mataram Tahun 2021. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 146–155. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.94

Anzhela, R., Anatolii, R., Artem, Y., Yurii, K., & Olena, S. (2024). Students’ research skills development by using visualization. International Journal of Information Technology and Computer Science, 16(6), 1–14. https://doi.org/10.5815/ijitcs.2024.06.01.

Batiibwe, M. S. K. (2024). Application of interactive software in classrooms: a case of GeoGebra in learning geometry in secondary schools in Uganda. Discover Education, 3(1), 179. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00291-8

Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran media pembelajaran matematika sebagai teknologi dan solusi dalam pendidikan di era digitalisasi dan disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376

Cahyani, N. M. S. & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP), 6(1), 1 – 11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Chai, C. S., Jong, M., Yin, H., Chen, M., & Zhou, W. (2019). Validating and modelling teachers’ technological pedagogical content knowledge for integrative science, technology, engineering and Mathemat-ics education. Journal of Educational Technology & Society, 22 (3), 61–73.

Darwis, M. (2019). Pendidikan Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Aksioma, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i1.214

Dzulfikar, A., & Turmudi. (2024). The role of Geogebra in secondary school mathematics education: A systematic literature review. AIP Conf. Proc. 3220, 030005. The International Conference Series On Ict, Entertainment Technologies, And Intelligent Information Management In Education And Industry. https://doi.org/10.1063/5.0234915.

Fauziah, F., Amelia, R., & Wahyuni, Y. (2021). Pemanfaatan software GeoGebra untuk meningkatkan keterampilan guru matematika SMP/MTs di Kecamatan Lengayang. Jurnal Implementasi Riset, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.37301/iris.v1i1.9

DeCoito I, & Estaiteyeh, M. (2022). Transitioning to online teaching during the COVID-19 pandemic: An exploration of STEM teachers’ views, successes, and challenges. Journal of Science Education and Technology. 1, 340–356. doi: 10.1007/s10956-022-09958-z

Hamdani, H. N., & Susanto, H. (2024). Implementasi Filosofi Pendidikan Melalui Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPA dan pembelajarannya, 4(6), doi: https://doi.org/10.17977/um067v4i62024p4.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008, July). Teaching and learning Calculus with free dynamic Mathematics Software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education (ICME 11).

Istikomah, E., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Nurlaelah, E. (2024). GeoGebra in real-life: important tips to support student creative thinking in Mathematics. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 49(2), 248–263. https://doi.org/10.37934/araset.49.2.248263.

Kesumawati, N., Syahbana, A., Ningsih, Y. L., Octaria, D., & Puspa sari, E. F. (2021). Pelatihan penggunaan GeoGebra bagi guru SMP, SMA, dan SMK se-Sumatera bagian selatan dalam pembelajaran matematika. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.31540/jpm.v3i2.1202.

Khoza, S. B., & Biyela, A. T. (2020). Decolonising technological pedagogical content knowledge of first year mathematics students. Education and Information Technologies, 25(4), 2665-2679. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10084-4Kim, 2018

Listiana, Y., Aklimawati, A., Isfayani, E., & Wulandari, W. (2021). Pelatihan penggunaan software GeoGebra dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kreativitas guru dan siswa SMP Negeri 1 Dewantara. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(2), 377. https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1361

Makawawa, J. C., Mustadi, A., Sampouw, F., & Najoan, R. A. (2021). Primary school teacher’s perception of technological pedagogical content knowledge in online learning due to Covid 19. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 85-95. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.35245

Mar’atuttah, dkk. (2024). Utilization of Augmented Reality to Support the creation on interactive learning media at the Showatul Is’ad Islamic Modern Islamic Boarding School, Pangkep Regency. J-Dinamika. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9 (2), https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2

Masriyah, Budayasa, I. K., Juniati, D., Sari, Y. M., Saadah, N., Suprihatiningsih, S., & Hanifah, U. (2024). Improving TPACK competencies of junior high school mathematics teachers using GeoGebra classroom. AIP Conf. Proc. 3148, The 2nd International Conference Of Mathematics Education, Learning, And Application. 040016. https://doi.org/10.1063/5.0241861

Nasrullah, A., Aminah, M., Umalihayati, U., Rahmadani, K., Widodo, S. A., & Husni, M. (2025). Blended learning in mathematic: the fusion of GeoGebra and Edmodo for enhanced problem-solving abilities. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 14(1), 423. https://doi.org/10.11591/ijere.v14i1.27713

Netriwati & Mai Sri Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Permata Net.

Niess, M. L. (2011). Investigating TPACK: Knowledge Growth in Teaching with Technology. Journal of Educational Computing Research, 44, 299-317. https://doi.org/10.2190/EC.44.3.c

Pradany, M. H. & Harimurti, R. (2023). Pengaruh Pengalaman Pembelajaran Praktik Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XII SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Elektronika dan Teknik Informatika Terapan, 1 (3), 190 – 208. https://doi.org/10.59061/jentik.v1i3.393.

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta Y., D. (2019). Pelatihan peningkatan kemampuan IT bagi guru matematika menggunakan GeoGebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4847.

Rismawati, Asdarina, O., & Fauzi, R. (2023). Hambatan siswa dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada pembelajaran matematika. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.250

Tn. (2025). Memilih Narasumber Diklat yang Profesional. Tersedia: https://diklatpemerintah.id/memilih-narasumber-diklat-yang-profesional/).

van Leendert, M., Doorman, M., Drijvers, P., Pel, J. & van der Steen, J. (2021) Teachers’ Skills and Knowledge in Mathematics Education for Braille Readers. Technology, Knowledge and Learning, 27 (4), 1171–1192. 1171–1192. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09525-2.

Wahyuni, N. S. & Indihadi, D. (2019). Pengaruh Narasumber Sebagai Sumber Belajar terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa. Pedadiktika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendiidkan Guru Sekolah Dasar, 6 (1), https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.15864.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025