PENGUATAN SOSIAL-EMOSIONAL SISWA MELALUI POJOK BACA DAN SOSIALISASI ANTI-BULLYING DI SD SINGARAJA

Penulis

  • Lucy Sri Musmini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Agus Pertamaagus yudantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sunitha Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Riesty Masdiantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Dandy Andriadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Anindya Sarasija Prameswari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Marlina Nalarreason Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

anti-bullying, pojok baca, sosial-emosional, siswa SD

Abstrak

Upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan pada siswa tingkat sekolah dasar masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk minimnya fasilitas pendukung literasi serta maraknya perilaku bullying. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk merevitalisasi pojok baca sebagai sarana penguatan literasi dan pengembangan keterampilan sosial-emosional, serta melaksanakan sosialisasi anti-bullying untuk mencegah perilaku kekerasan di lingkungan SD Negeri Singaraja. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan, pendampingan, dan sosialisasi edukatif. Kegiatan yang dipusatkan di SD Negeri 2 Banjar Bali dengan melibatkan siswa dari SD Negeri 2 Kampung Baru dan SD Negeri 3 Kampung Baru ini meliputi revitalisasi pojok baca melalui penyerahan koleksi buku yang variatif serta sosialisasi anti-bullying yang interaktif bersama narasumber dari bidang psikologi. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa dan guru, ditandai dengan adanya komitmen bersama untuk mencegah perundungan dan penyerahan buku secara simbolis untuk mendukung pojok baca. Melalui program ini, diharapkan minat literasi siswa meningkat dan tercipta ekosistem pendidikan yang aman, nyaman, berkarakter, serta bebas dari kekerasan.

Referensi

Faza, P. P., Nazilah, R., Aini, M., Ananta, R. D., Khotimah, N., Anggraini, A., & Putri, N. B. M. (2024). Pendirian Pojok Baca : Mewujudkan Budaya Literasi Berkelanjutan di SDN Purwodadi 1. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 2233–2242.

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–708.

Prananda, M., Virlian, Iqbal, R. A., Lindiatika, Anjani, T. P., & Kurniawan, A. (2023). Pojok Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Di Pulau Panjang, Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 273–279.

Sakila, N., Nur, K., Hazalia, M., Salsabila, D., Pratiwi, D., Lingga, L. J., & Dasmarni. (2024). Efektivitas Pendidikan Karakter Permasalahan Bullying di Lingkungan Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8159–8164.

Tazkia, H. A., & Darmiyanti, A. (2024). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–8.

Vania, S. A. A. (2023). Analisis Faktor dan Cara Penanganan Bullying. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 36–53.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025