KEMAMPUAN GURU MERANCANG KONTEN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MICROLEARNING BERBANTUAN AI
Kata Kunci:
Pendekatan_microlearning, artificial_intelligenceAbstrak
Inovasi pembelajaran di Era digital merupakan suatu keniscayaan. Tujuan utama PkM ini adalah meningkatkan kompetensi para guru SMP di Singaraja dalam merancang dan mengembangkan konten pembelajaran dengan pendekatan microlearning berbantuan AI. PkM ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terdiri dari empat tahap, yaitu: persiapan, pelaksanaan pelatihan, pendampingan dan implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Instrumen pengumpul data terdiri dari: angket, tes kemampuan guru, tes kinerja, dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil PkM ini adalah: (1) Pemahaman guru tentang microlearning mengalami peningkatan dari kategori “baik” sebelum pelatihan menjadi “baik sekali” setelah pelaksanaan pelatihan. (2) Kemampuan guru merancang dan mengimplementasikan konten microlearning berbantuan AI dalam pembelajaran berkategori “sangat baik”. (3) Keterampilan guru dalam menggunakan AI untuk merancang konten microlearning berkategori “sangat baik”, dilihat berdasarkan hasil tes kinerja maupun dari hasil observasi, namun keterampilan kreatif guru masih dalam kategori “baik”. (4) Dihasilkan 5 contoh desain konten microlearning berbantuan AI yang dapat dijadikan referensi, dengan 1 contoh storyboard untuk materi Matematika SMP. Perlu dilakukan sinergi secara berkelanjutan antara pihak Perguruan Tinggi dengan Dinas Pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas SDM khususnya para guru, agar pelaksanaan pembelajaran lebih berkualitas sesuai dengan eranya.
Referensi
Beste, T. (2023). Knowledge transfer in a project-based organization through microlearning on cost-efficiency. The Journal of Applied Behavioral Science, 59(2), 288-313.
Bittencourt, I. I., Chalco, G., Santos, J., Fernandes, S., Silva, J., Batista, N., ... & Isotani, S. (2024). Positive artificial intelligence in education (P-AIED): A roadmap. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 34(3), 732-792.
Borrego Ramírez, N., & Ruiz Cansino, M. L. (2023). Microlearning as an Alternative Teaching Model: Influence of COVID-19 in Latin America and the Caribbean. Journal of Higher Education Theory & Practice, 23(15).
Conde-Caballero, D., Castillo-Sarmiento, C. A., Ballesteros-Yánez, I., Rivero-Jiménez, B., & Mariano-Juárez, L. (2024). Microlearning through TikTok in Higher Education. An evaluation of uses and potentials. Education and Information Technologies, 29(2), 2365-2385.
Garshasbi, S., Yecies, B., & Shen, J. (2021). Microlearning and computer-supported collaborative learning: An agenda towards a comprehensive online learning system. STEM Education, 1(4), 225-255.
Kim, J., Lee, H., & Cho, Y. H. (2022). Learning design to support student-AI collaboration: Perspectives of leading teachers for AI in education. Education and information technologies, 27(5), 6069-6104.
Nowak, G., Speed, O., & Vuk, J. (2023). Microlearning activities improve student comprehension of difficult concepts and performance in a biochemistry course. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 15(1), 69-78.
Pande, K., Jadhav, V., & Mali, M. (2023). Artificial Intelligence: exploring the attitude of secondary students. Journal of e-Learning and Knowledge Society, 19(3), 43-48.
Parwati, Ni Nyoman; Sudatha, I Gde Wawan; Prameswara, P. B. (2024). Pembelajaran Matematika Berbantuan Artificial Intelligence (Studi Empirik di SMPN 4 Singaraja).
Parwati, Ni Nyoman; Suharta, I Gusti Putu; Sudatha, I. G. W. (2024). Optimization Student Learning Outcomes Through Hyflex Oleh : (Issue). https://static1.undiksha.ac.id/tte/2024/berkas_eksternal/tte/simpuslit/LL/84677050-f48e-11ee-acce-6d13aeb1de32-1734767062_signed.pdf
Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., Sudatha, I. G. W., & Prameswara, P. B. (2024, December). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Artificial Intelligence Bagi Para Guru di Singaraja. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 9, No. 1, pp. 535-546).
Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., Sudatha, I. G. W., & Prameswara, P. B. (2024, December). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Artificial Intelligence Bagi Para Guru di Singaraja. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 9, No. 1, pp. 535-546).
Dwinggo Samala, A., Bojić, L., Bekiroğlu, D., Watrianthos, R., & Hendriyani, Y. (2023). Microlearning: Transforming education with bite-sized learning on the go—insights and applications. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 17(21).
Suharta, I Gusti Putu., Ni Nyoman Parwati., M. J., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Rencana dan Pelaksanaan Pembelajaran Yang Bermuara Pada Penguatan Karakter Positif. In M. S. Putu Indra Christiawan, S.Pd. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2020 (pp. 206–210). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Nyoman Parwati, I Gde Wawan Sudatha, Putu Buddhi Prameswara, I Wayan Sukra Warpala, Ni Putu Kusuma Widiastuti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
